oleh

Cara yang Tepat Menggendong Bayi dalam 6 Posisi

PortalMadura.Com – Menggendong bayi merupakan hal yang dilakukan oleh orang tua hampir setiap hari. Selain membantu menenangkan anak, kegiatan ini juga dapat membina ikatan orang tua dengan buah hati tercinta. Menggendong bayi juga memberi manfaat kesehatan untuk anak, khususnya pada bayi yang lahir prematur.

Perlu diingat menggendong bayi tidak boleh dilakukan sembarangan, agar tidak mengganggu struktur dan fungsi tubuhnya. Dilansir dari laman Fimela.Com, Selasa (29/12/2020) berikut posisi menggendong bayi yang nyaman dan benar.

Menggendong Di Bahu

Posisi ini salah satu posisi yang paling natural untuk bayi. Angkat bayi setinggi bahu, lalu letakkan kepalanya di bahu kita sehingga anak bisa melihat ke belakang.

Sangga kepala dan lehernya dengan satu tangan, dan tangan satunya memegang bagian bawah. Posisi ini memungkinkan bayi mendengar detak jantung kita.

Menggendong dalam Posisi Mengayun

Cara ini juga merupakan cara sederhana dan alami untuk membuat bayi agar tertidur. Dengan posisi bayi sejajar dengan dada, letakkan kepala bayi di siku kita dan pastikan kepala dan leher tertopang dengan benar.

Kita bisa sambil mengayunkan tangan dari leher ke bawah dan pinggul. Dekatkan bayi pada dada dan cara ini dapat membuatnya tertidur.

Menggendong Telungkup dengan Satu Tangan

Letakkan bayi dalam keadaan terbaring dengan perut menghadap ke bawah di salah satu lengan kita. Biarkan kakinya menggantung pada kedua sisi tangan kita.

Pastikan punggung bayi terletak sempurna di tangan kita. Posisi ini bisa membantu saat bayi bersendawa dengan mengusap lembut punggunya agar melepaskan gas.

Menggendong Face-to-face

Sangga kepala dan leher bayi dengan satu tangan. Sementara tangan satunya memegang bagian pantatnya.

Menggendong bayi tepat di bawah dada menghadap wajah kita. Nikmatilah posisi ini sambil berinteraksi dengan bayi kita, seperti membuatnya tersenyum dan bersenang-senang.

Menggendong Seperti Posisi Kursi

Posisi ini membuat seolah-olah sedang duduk di kursi. Menggendong dalam posisi tersebut, dengan membiarkan bayi bersandar dan bertumpu pada dada agar kepalanya tertopang sempurna.

Letakkan tangan yang lain di bawah pantatnya dan kembali pastikan mendapat pegangan yang baik. Posisi ini tidak disarankan untuk bayi di bawah tiga bulan.

Posisi Menyusui

Topang leher, kepala bayi dan punggung dengan tangan. Sesuaikan kepala dan leher bayi dengan tangan lainnya.

Buat bayi meringkuk ke samping tubuh kita dengan kaki terentang ke belakang. Dekatkan bayi ke dada kita. Lalu gunakan tangan lain yang bebas untuk memberi dukungan ekstra pada kepala.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Fimela.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar