Cegah Melonjaknya Gula Darah Anda dengan 7 Cara Mudah Ini

Avatar of PortalMadura.com
Cegah Melonjaknya Gula Darah Anda dengan 7 Cara Mudah Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Segala aktifitasmu akan sangat terganggu dengan banyak masalah kesehatan yang menyerang Anda. Sejumlah masalah kesehatan ini bisa membuatmu menjadi bermasalah baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Mencegah tingkat gula darah merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Hal ini bisa sama pentingnya dengan menjaga ambang kolesterol dan tekanan darah pada tubuh. Menjaga kadar gula darah tetap dalam angka yang tepat merupakan suatu hal yang penting bagi seseorang yang memiliki diabetes tipe 2.

Melalui makanan yang Anda konsumsi, salah satu cara paling penting dalam menjaga kadar gula yang tepat. Ketika Anda makan secara sembarangan, maka gula darah yang Anda miliki bisa meningkat secara instan. Untuk mengatur tingkat gula darah ini, maka penting bagimu untuk memperhatikan sejumlah hal.

Seperti dilansir merdeka.com dikutip dari Medical Daily, menjaga konsumsi sejumlah makanan bisa jadi cara jitu untuk mencegah melonjaknya gula darah. Berikut ini sejumlah cara untuk menjaga agar gula darah di tubuhmu tidak melonjak secara cepat.

Hindari Konsumsi Karbohidrat Olahan
Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengurangi sejumlah karbohidrat olahan seperti gula dan biji-bijian olahan. Sejumlah hal ini bisa ditemui pada roti putih, soda, permen, gula, sereal, serta sejumlah makanan penutup. Kurangnya nutrisi dari sejumlah makanan tersebut membuatmu sebaiknya meminimalisasi konsumsi makanan tersebut.

Jaga Berat Badan Sehat
Berat badan yang dimiliki seseorang bisa mempengaruhi meningkatnya gula darah. Oleh karena itu, menjaga berat badan tetap dalam ambang sehat bisa mencegah meningkatkan risiko gula darah tinggi.

Olahraga
Berolahraga merupakan cara untuk menjaga agar berat badan turun yang berbanding lurus dengan menurunnya gula darah. Hal ini bisa Anda lakukan bahkan dari cara yang paling sederhana seperti berjalan sehari-hari.

Minum Lebih Banyak Air
Kurangnya asupan air putih dalam dirimu bisa menyebabkan gula darah melonjak drastis. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi lebih banyak air minum dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

Baca Juga: KPU Sumenep Ubah Sejumlah Tahapan Pilkada 2020

Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat
Mengonsumsi karbohidrat sehari-hari akan menyebabkan tingkat gula darah secara drastis. Sebisa mungkin hindari makanan ini dan konsumsi makanan yang lebih sehat dan berasal dari tumbuhan.

Perbanyak Konsumsi Serat
Perbanyak serat yang Anda konsumsi sehari-hari bisa menjadi cara untuk mencegah meningkatnya gula darah. kandungan serat ini juga membuatmu merasa kenyang lebih lama dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kurangi Asupan Gula
Gula dapat menjadi penyebab utama obesitas yang merupakan faktor risiko meningkatnya gula darah. Membatasi asupan gula setiap hari bisa meningkatkan kesehatanmu dan mencegah masalah ini.

Sejumlah cara itu bisa Anda lakukan untuk mencegah agar gula darah dalam tubuhmu tak melonjak. Dengan memastikan gula darah tetap dalam tingkat aman, maka kesehatanmu juga dapat terjaga.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.