Cegah Polusi Udara dengan Reboisasi

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Mariyatul KiptiyahEditor: Hartono
Cegah Polusi Udara dengan Reboisasi
Cegah Polusi Udara dengan Reboisasi

PortalMadura.Com – Reboisasi mekanisme yang tepat dalam menciptakan kehidupan yang sehat tanpa polusi juga sebagai upaya mencegah kerusakan dan upaya mengatasi dampak negatif yang lahir dari fenomenal kebakaran.

Upaya reboisasi ini menjadi sarana untuk melakukan penghijauan kembali atas banyaknya penggundulan hutan dan kebakaran hutan.

Baca Juga

Hutan

1. Manfaat orologis

Akar pohon dengan tanah adalah akumulasi yang kuat dan kokoh sehingga mampu mencegah terjadinya fenomena erosi.

2. Manfaat hidrologis

Tanaman-tanaman secara fungsional akan melakukan proses penyerapan pada air hujan. Sehingga, suatu daerah yang ditumbuhi banyak tanaman memiliki persediaan air yang mencukupi.

3. Manfaat klimatologis

Jumlah kuantitas pohon secara praktis akan ikut menurunkan suhu setempat. Hal ini tentu berimplikasi terhadap udara di sekitarnya menjadi sejuk, segar dan nyaman.

4. Manfaat edaphis

Pada konteks ini, reboisasi bermanfaat dalam tempat hidup fauna. Di lingkungan yang penuh dengan pohon-pohon, secara alami satwa dapat hidup dengan tenang karena lingkungan demikian memang sangat mendukung.

5. Manfaat ekologis

Lingkungan yang baik adalah yang seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam. Kelompok pohon atau tanaman, air dan binatang adalah bagian dari alam yang dapat memberikan keseimbangan lingkungan.

6. Manfaat protektif

Pohon dapat memberikan perlindungan, misalnya terhadap teriknya sinar matahari, angin kencang, penahan debu serta peredam suara.

7. Manfaat higienis

Sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan oksigen (O2) yang sangat diperlukan manusia, dan sebaliknya dapat menyerap karbon dioksida (CO2). Jadi secara higienis, pohon sangat berguna untuk kehidupan manusia.

8. Manfaat edukatif

Berbagai macam jenis pohon yang ditanam di lingkungan sekitar merupakan laboratorium alam, karena dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar mengenal tanaman dari berbagai aspeknya.

Pada akhirnya, reboisasi adalah bagian dari mekanisme atau metode yang digunakan untuk mitigasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan serta lahan yang berdampak buruk bagi alam, manusia, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.