Cek 4 Komponen Ini Saat Klakson Kendaraan Anda Mati

Avatar of PortalMadura.com
Cek 4 Komponen Ini Saat Klakson Kendaraan Anda Mati
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu komponen yang juga berperan penting dalam berkendara yaitu keberadaan klakson. Karena, tanpa adanya klakson bisa memicu kecelakaan. Bunyi klakson tidak serta merta terus hidup, adakalanya alat itu juga tidak mengeluarkan bunyi.

Saat klakson tidak berbunyi atau mati, biasanya akan membuat sebagian orang menggantinya dengan part baru di bengkel. Namun, sebelum itu dilakukan Anda bisa mengecek sendiri penyebabnya. Daripada Anda mengeluarkan biaya, alangkah baiknya melacak sendiri di rumah.

Berikut ini empat hal yang perlu Anda perhatikan saat klakson tidak berbunyi:

Lihat Kondisi Aki
Aki adalah sumber tenaga dari klakson. Aki yang soak tentu akan membuat klakson tidak mau berbunyi. Ciri-ciri aki soak di antaranya, selain klakson yang tidak mau berbunyi atau bersuara lebih kecil dari biasanya, adalah lampu yang tidak seterang biasanya atau waktu starter jadi lebih panjang dan bahkan tidak bisa di-starter elektrik sama sekali.

Periksa Kabel Klakson
Setelah cek aki, maka langkah lainnya adalah memeriksa kabel yang berhubungan langsung dengan klakson. Biasanya, klakson terdiri dari dua kabel, yaitu kabel massa dan kabel listrik. Jika salah satu atau keduanya terlepas, maka tentu klakson tidak akan berbunyi.

Periksa Baut Platina
Selain kabel, baut platina yang ada di belakang klakson pun sering menjadi penyebab klakson tidak mau berbunyi. Posisi baut yang berubah karena terlalu sering dipakai atau benturan dapat membuat klakson tidak bunyi. Jika ini yang terjadi, maka Anda tinggal membuka mur pengunci dengan tang, lalu memutar baut dengan obeng agar posisinya kembali presisi. Agar semakin pas, maka penyetelan baut ini dilakukan sambil menekan tombol klakson.

Cek Kondisi Sakelar
Bagian terakhir yang harus dilihat adalah kondisi sakelar klakson pada stang. Fungsi sakelar dapat terganggu karena adanya karat atau kotoran yang menempel. Anda harus melepas rumah sakelar dari stang motor terlebih dulu, kemudian membersihkannya menggunakan amplas halus atau dengan cairan antikarat. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.