oleh

Centella Asiatica, Tumbuhan yang Punya Sederet Manfaat untuk Kulit Wajah

PortalMadura.Com – Tahu daun pegagan?. Tanaman liar yang biasanya banyak tumbuh di area kebun, ladang serta tepi jalan ini ternyata menjadi salah satu extrak tumbuhan yang sering ada di dalam produk skincare (perawatan kulit).

Ya, tanaman dengan nama lain Centella asiatica ini memiliki sejumlah kandungan yang banyak digunakan pada perawatan kulit. Bahkan istimewanya bisa untuk berbagai kondisi kulit, entah itu kulit kering, berminyak dan lain sebagainya.

Tidak heran jika belakangan ini daun pegagan menjadi semakin populer. Lantas, apa saja manfaat Centella asiatica untuk kulit?. Berikut daftarnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (31/5/2021) dari laman Popmama.com:

Membantu Mempercepat Proses Jerawat

Ternyata, produk skincare dengan Centella asiatica dapat membantu mempercepat proses jerawat dan mengurangi kemerahannya. Dikutip dari Nudieglow.medium, tidak seperti banyak perawatan jerawat astringen di pasaran. Bahwa Centella asiatica merupakan pencegah jerawat antibakteri yang lembut.

Senyawa aktifnya seperti asam Madecassic, yakni bisa menekan peradangan jerawat dan membantu menghentikan pembentukan bekas jerawat. Jadi tidak heran jika daun pegagan sering digunakan dalam mengurangi jerawat dan menyembuhkan bekas luka yang tertinggal.

Menenangkan Kulit yang Bermasalah

Centella asiatica bukan hanya sekadar bahan ekstrak tumbuhan biasa. Kandungan daun pegagan yang sebagai antioksidan dapat menenangkan kulit bermasalah.

Sedangkan salah satu masalah kulit yang paling umum adalah masalah peradangan, ini termasuk psoriasis dan dermatitis. Secara efektif, Centella asiatica pun meningkatkan penyembuhan luka kecil dan mengurangi peradangan dengan memperkuat kulit.

Mencegah Penuaan dan Meningkatkan Elastisitas Kulit

Jika berbicara tentang antioksidan, Centella asiatica dapat mencegah kulit dari kerusakan radikal bebas yang melemahkan produksi kolagen. Senyawa aktifnya seperti madecassoside, zat ini berfungsi sebagai antioksidan.

Bahkan, Centella asiatica kaya vitamin A, C, B1, B2, karoten dan niasin yang mampu melawan penuaan dan meningkatkan elastisitas kulit. Dengan demikian, daun pegagan di dalam produk skincare mampu meningkatkan antioksidan yang melimpah.

Mampu Menjaga Kelembapan Kulit

Tentunya, siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah sehat dan terhidrasi dengan baik. Menggunakan Centella asiatica yang ada pada produk skincare dapat sebagai salah satu cara untuk melembapkan kulit wajah.

Diinformasikan dari Self, bahwa kandungan asam hialuronat dan gliserin di dalam Centella asiatica bisa meningkatkan hidrasi kulit. Itu artinya, Centella asiatica mampu menjaga kelembapan kulit. Khususnya bagi pemilik kulit kering dan sensitif.

Menjaga Kualitas Kulit yang Tampak Awet Muda

Tidak hanya manfaat di atas, ternyata Centella asiatica memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Vitamin C pada ekstrak daun pegagan cukup efektif dalam menjaga kualitas kulit yang tampak awet muda.

Terlebih lagi Centella asiantica punya kemampuannya menghasilkan kolagen dan mengurangi selulit maupun stretch mark (tanda kerutan). Tidak heran jika daun pegagan banyak dijadikan sebagai bahan perawatan kulit.

Itulah kelima manfaat Centella asiatica untuk perawatan kulit. Sebelum memakainya, berkonsultasilah dengan dokter demi meminimalkan efek sampingnya. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Popmama.Com

Komentar