oleh

Chia Seed, Biji-bijian yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

PortalMadura.ComChia seed merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun sekarang sudah banyak masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit. Dan untuk menyantapnya, Anda perlu merendamnya di dalam cairan atau air selama beberapa menit.

Chia seed dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Sabtu (6/2/2021), berikut manfaat chia seed bagi kesehatan:

Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein pada biji chia juga dipercaya dapat mengurangi keinginan untuk makan. Serat yang cukup tinggi di dalam chia seed dipercaya dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung serat tinggi umumnya dapat membantu dalam membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan protein serta mineral pada chia seed, seperti kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor baik untuk mendukung kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Chia seed dengan kandungan protein, serat, antioksidan, dan lemak baik yang tinggi ternyata juga terlihat memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi chia seed dapat melindungi jantung dari pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung.

Baik Untuk Penderita Diabetes

Chia seed dapat mencegah lonjakan gula darah di dalam tubuh. Efek ini diduga terkait dengan kandungan gizi di dalam chia seed yang dapat membantu menjaga stabilnya gula darah.

Baik Untuk Penderita Divertikulosis

Biji chia dipercaya dapat mengatasi masalah divertikulosis, karena kandungan seratnya yang tinggi. Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat memperlancar pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar