Sebelum Buka Bisnis Restoran, Perhatikan 5 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Sebelum-Buka-Bisnis-Restoran,-Perhatikan-5-Hal-Ini
Ilustrasi (suara.com)

PortalMadura.Com – Makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Hampir setiap hari semua orang mengonsumsi makanan untuk memenuhi asupan dalam tubuhnya. Menyikapi hal itu, menjadi peluang bagi para pelaku bisnis untuk membuka suatu rumah makan atau restoran.

Sebab, menjadi salah satu bisnis menjanjikan dan bisa bertahan lama apabila ditekuni dengan baik. Tidak heran, banyak orang ingin terjun ke dalam bisnis ini lantaran untungnya lumayan besar.

Walaupun begitu, memulai bisnis restoran tidak semudah yang dibayangkan, tantangannya pun juga besar. Jadi, dibutuhkan perencanaan yang matang untuk membuatnya bertahan lama. Karena, sudah banyak pelaku bisnis restoran yang gagal, lantaran hanya bermodalkan “nekat” tanpa pengetahuan dan persiapan.

Dilansir Okezone.com, yang dikutip dari The Balance Small Business, sebelum benar-benar terjun dalam bisnis ini, ada beberapa hal penting yang harus diketahui untuk memiliki restoran yang sukses. Berikut penjelasannya:

Tidak Semua Orang Cocok Menjadi Pemilik Restoran

Senang memasak atau suka makan, tidak membuat seseorang memenuhi syarat sebagai pemilik restoran. Perhatikan beberapa hal lain seperti, apakah suka bekerja dalam waktu lama?. Tidak masalah jika tidak mendapat gaji?. Membeli asuransikesehatan sendiri?.

Menjadi pemilik restoran pasti memiliki keuntungan, seperti tidak ada yang mengatur. Tapi itu juga disertai dengan beban tanggung jawab yang besar. Maka, sebelum memulai bisnis restoran, pastikan sudah siap menghadapi segala macam risiko.

Lokasi Restoran Sangat Penting

Lokasi merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dipikirkan ketika membuka bisnis restoran. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari lokasi yang bagus, saat melihat pembukaan restoran baru. Sebaliknya, jangan pernah meremehkan kerugian akibat lokasi yang buruk.

Lokasi restoran yang bagus akan sangat mempengaruhi kesuksesannya bisnis restoran. Sebisa mungkin temukan lokasi yang strategis untuk restoran, sehingga dapat menarik banyak pelanggan.

Restoran Baru Tidak Murah

Membuka restoran baru tentu tidak murah. Tergantung pada ukuran, lokasi, dan tema restoran, ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Maka persiapkan modal yang cukup dan sesuaikan dengan pilihan konsepnya.

Jika mencari cara untuk masuk ke bisnis restoran, tanpa menghabiskan banyak uang, pertimbangkan katering, bisnis food truck, atau bahkan restoran pop-up. Masing-masing konsep restoran ini jauh lebih murah daripada restoran konvensional.

Pilih Konsep Restoran yang Jelas

Pada dasarnya, konsep sangat penting karena akan berkaitan dengan keseluruhan hal, mulai dari menu, dekorasi, hingga nama restoran yang dipilih. Maka, cari konsep yang bisa membuat restoran Anda menjadi terlihat unik dan menonjol dari kompetitornya.

Buat Rencana Bisnis

Untuk mendapatkan jenis pembiayaan apa pun, baik melalui bank, asosiasi bisnis kecil, atau investor swasta, memerlukan rencana bisnis yang ditulis dengan baik. Rencana bisnis akan sangat membantu para pelaku bisnis yang baru mengenal industri makanan atau restoran.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.