Cuaca Ekstrem, Angkutan Sembako Masih Tertahan di Pelabuhan Kalianget

  • Bagikan
Cuaca Ekstrem Angkutan Sembako Masih Tertahan di Pelabuhan Kalianget
Mobil pikap bermuatan sembako masih tertahan di Pelabuhan Kalianget, Sumenep (Taufikurrahman @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Sejumlah mobil pikap bermuatan sembako tujuan kepulauan Kangean, Sumenep, Madura, Jawa Timur, masih tertahan di Pelabuhan Kalianget, Sabtu (15/1/2022).

Kepala UPTD Pelabuhan Kalianget, Sumenep Muslimin menyampaikan, kemungkinan angkutan laut belum diberangkatkan oleh pihak kesyahbandaran karena cuaca ekstrem, sehingga angkutan sembako masih bertahan di pelabuhan.

“Setiap pagi saya cek ke pelabuhan. Dan tadi pagi masih ada antri, berarti tidak diberangkatkan,” terangnya, Sabtu (15/1/2022).

Pihaknya belum bisa memastikan kapan angkutan sembako itu diberangkatkan ke pulau Kangean. Sebab, kata dia, kebijakan pelayaran ada di KSOP Kalianget Sumenep.

Sementara, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Sumenep Supriyanto menjelaskan, aktivitas pelayaran dihentikan sementara waktu akibat cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi sampai hari ini, Sabtu (15/1/2022).

“Artinya, untuk diberangkatkan atau tidak menunggu hari selanjutnya. Yakni Minggu (16/1),” terangnya.

Pihaknya mengimbau, khususnya yang hendak berlayar ke wilayah kepulauan Sumenep sebaiknya bersabar terlebih dahulu.

“Ini masih cuaca ekstrem. Jadi perlu bersabar sampai menunggu kebijakan BMKG terkait update cuaca,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah mobil pikap bermuatan sembilan bahan pokok (sembako) tujuan kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep tertahan di Pelabuhan Kalianget sejak Selasa (11/1/2022).

Angkutan sembako itu tertahan karena transportasi laut ditangguhkan keberangkatannya untuk sementara waktu akibat cuaca ekstrem. Sekitar ada 6 Pikup tertahan.

Pihak Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget menangguhkan pelayaran antar pulau sejak tanggal 11-15 Januari 2022 lantaran cuaca ektrem dan ancaman gelombang tinggi di perairan Sumenep.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.