Dalam Islam, Ini Ayat Alquran yang Menjelaskan Tentang Mati Suri

Avatar of PortalMadura.com
Dalam Islam, Ini Ayat Alquran yang Menjelaskan Tentang Mati Suri
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan kondisi manusia yang dikira sudah mati, tetapi sejatinya belum. Kondisi ini dalam dunia medis disebut dengan istilah Near Death Experience (NDE). Sudah banyak orang yang mengalami mati suri, sehingga mereka menceritakan apa yang dialaminya ketika berada dalam alam lain dan sedikit banyak menjadi pembelajaran bagi yang belum merasakan mati.

Mati suri menurut Islam secara eksplisit memang tidak dibahas, termasuk ayat Alquran yang menjelaskan tentang mati suri. Hanya saja, ayat Alquran yang merupakan kitab suci universal bisa digali makna-maknanya untuk kemudian ditafsirkan oleh para mufasir.

Sebagaimana ayat Alquran yang menjelaskan tentang mati suri mungkin bisa ditemui pada Surat Az-Zumar ayat 42.

Artinya sebagai berikut: “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya, maka Dia tahan jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir.”

Sebagian orang berpendapat, kalimat “Dia (Allah) melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan” itulah yang disebut dengan mati suri. Sebagian lagi menafsirkan ayat tersebut ketika orang bermimpi di tengah tidurnya, sehingga bermimpi bisa melayang-layang kemana-mana.

Baca Juga: Ini 5 Kisah Mistis Orang yang Pernah Alami Mati Suri

Dalam hadits Qudsi dijelaskan, kematian merupakan pintu penghubung antara dunia dan akhirat. Setiap orang yang mati melewati pintu tersebut, sedangkan kehidupan yaitu kondisi di mana jasad atau tubuh dengan roh masih melekat.

“Dalam Alquran dijelaskan, mati suri berarti salah satu ujung tali roh terlepas, tapi dia masih hidup karena ujung lainnya masih terikat. Itu yang membuat dia bisa kembali hidup. Mirip dengan orang tidur,”

Dalam konsep Islam, sebagaimana diketahui, roh ibarat tali yang punya dua ujung terikat pada tubuh. Jika salah satu ujung terlepas dari badan, memungkinkan bagi manusia untuk melayang-layang dengan apa yang disebut dengan mimpi atau mati suri.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.