Dapur Penuh dan Nggak Leluasa Bergerak? Ini Solusinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Dapur Penuh dan Nggak Leluasa Bergerak? Ini Solusinya!

PortalMadura.Com – Meskipun dapur dipakai untuk memasak saja, bukan berarti Anda bisa menyimpan semua barang tidak terpakai di dapur. Sebab, saat di dapur, Anda juga membutuhkan situasi yang nyaman serta bebas bergerak.

Nah itu tandanya dapurmu perlu penataan ulang agar segala sesuatunya lebih teratur dan bisa menghemat waktumu. Caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Tentukan Spot
Ketahui lagi kalau tiga aktivitas utama di dapur adalah menyiapkan bahan makanan, memasak, dan mencuci. Dari situ kamu jadi tahu seberapa besar ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Untuk bahan makanan kering, perlengkapan dan peralatan masak, alat makan, minuman botol serta bak cuci pembersih dan produk-produknya. Tak lupa juga perlu spot untuk makanan segar dan beku (dalam hal ini kulkas). Lalu, tentukanlah dimana masing-masing akan ditempatkan, dari situ kamu akan tahu butuh furnitur atau perlengkapan apa saja yang dibutuhkan.

Meja Dapur yang Luas
Sekalipun dapurmu ukurannya mini, pastikan meja dapurmu luas, dalam arti spot untuk kamu bekerja di meja tersebut lapang dan bebas dari penyimpanan barang-barang. Ya, karena barang-barang di dapur idealnya punya spot simpan sendiri, bukan menumpuk di meja tersebut. Yang perlu ada di meja cukup peralatan-peralatan yang intensitas pemakaiannya cukup sering digunakan, seperti bak untuk simpan peralatan makan ataupun cangkir minum.

Lemari Tertutup
Idealnya, semua bahan makanan kering dan peralatan dapur yang tergolong jarang pakai diletakkan di lemari tertutup. Makanya, pastikan tertutup agar tak mudah kena debu dan kotoran lain masuk. Tentu semakin besar lemari di dapur, semakin banyak daya tampungnya. Perangkat yang dimensinya besar dan cukup berat seperti panci dan penggorengan, baiknya letakkan di lemari bawah. Sementara lemari atas untuk nyimpan barang-barang yang jarang pakai seperti toples.

Laci dan Sekat
Alat makan sehari-hari seperti sendok, garpu, pisau, bisa diletakkan di laci meja dapur. Letakkan dengan kotak-kotak pemisah yang banyak dijual di pasaran, agar lebih terorganisir. Sementara, piring makan baiknya disusun dengan cara berdiri dengan penyekatnya, agar tetap tejaga kekeringannya dan nggak menjadi sarang debu.

Rak Gantung
Letakkan di sisi dinding dapur untuk menggantung bumbu-bumbu masak yang sering dipakai, seperti garam, merica dan gula. Sementara di sisi terpisah, gunakan keranjang kecil yang juga digantung untuk menyimpan bumbu dapur setengah basah seperti bawang dan aneka daun-daunan.

Bak Cuci dan Sekitarnya
Peralatan makan sebaiknya disimpan dekat dengan bak cuci agar setelah dibersihkan mudah untuk diletakkan. Yang pasti di sekitar bak cuci butuh wadah untuk mengeringkan peralatan makan dan peralatan masak, bukan diletakkan begitu saja di samping bak cuci. Lalu, letakkan juga tong sampah di bawah bak cuci, agar mudah membuang sisa-sisa bahan makanan. Berdekatan dengan tong sampah, bisa untuk area simpan lap dan produk pembersih lainnya.

Papan Menu
Jika kamu termasuk yang baru belajar masak, perlu juga mengisi salah satu dinding dapur dengan papan untuk menempel contekan menu. Letak papannya harus berdekatan dengan area persiapan, jadi kamu mudah untuk melihat dan mempraktekannya. Penting banget nih buat yang pengin belajar bikin kue, biar resepnya nggak ada yang salah!

Kalau dapurmu sudah teratur, pasti kamu bakal lebih semangat untuk memasak bukan?(mozaic.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.