oleh

Data Penerima Bantuan Sosial 2021 Hampir Rampung

PortalMadura.Com – Kementerian Sosial memastikan data penerima bantuan sosial tahun 2021 hampir rampung.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan, data penerima bantuan akan dikembalikan ke daerah kemudian harus diserahkan kembali ke pemerintah pusat pada 1 Januari.

“Kita tidak ada libur. Saya ingin sampaikan sesuai instruksi Presiden, minggu pertama Januari bantuan sudah bisa diberikan ke penerima manfaat untuk membantu perekonomian di daerah,” jelas Menteri Risma.

Dia menjelaskan rata-rata anggaran bantuan sembako per bulannya sebesar Rp3,76 triliun yang bila dibagi ke 500 daerah, rata-rata per daerah menerima Rp60 miliar untuk perputaran kebutuhan pokok.

Menteri Risma mengatakan PT Pos akan mulai menyalurkan bantuan sosial pada 4 Januari yang ditargetkan akan selesai dalam 1 minggu ke seluruh Indonesia dan khusus Papua memiliki mekanisme penyaluran yang berbeda.

“Kami ingin sampaikan bahwa penerima program sembako atau tahun 2021 adalah 18,8 juta penerima Rp200 ribu per bulan yang akan diberikan mulai Januari-Desember,” urai dia.

Menteri Risma menegaskan sesuai arahan Presiden, dana bantuan sosial tidak boleh dibelikan untuk rokok dan akan dipantau oleh Kementerian Sosial.

“Kami akan pantau, karena Insyaallah Februari kami akan siapkan tools alat untuk mengetahui apa saja uang itu dibelanjakan,” tambah Menteri Risma.

Dia menambahkan untuk bantuan sosial tunai tahun 2021 akan diberikan kepada 10 juta penerima di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek yang disalurkan oleh PT Pos.

Jumlah bantuan per bulannya sebesar Rp300 ribu per penerima manfaat yang diberikan mulai Januari hingga April selama 4 bulan yang penggunaan anggarannya akan dikontrol pemerintah melalui surat edaran.

“Apabila dipakai untuk beli rokok, kami akan evaluasi penerima bantuan. Jangan sampai bantuan ini untuk kesehatan, namun ada masalah karena digunakan untuk rokok,” tambah dia.​​​​​​​

Selanjutnya, bantuan program keluarga harapan akan diberikan kepada 10 juta penerima manfaat yang akan disalurkan oleh bank BUMN yang dapat digunakan untuk ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, dan lansia yang diberikan setiap 3 bulan sekali pada Januari, April, Juli, dan Oktober.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono

Komentar