Datangnya Lailatul Qadar, Kenali 5 Tanda ini

Avatar of PortalMadura.com
Datangnya Lailatul Qadar, Kenali 5 Tanda ini
Ilustrasi

PortalMadura.com – Malam yang paling di tunggu oleh umat Muslim yaitu malam . Umat Islam berharap bertemu dengan malam Lailatul Qadar, karena malam ini merupakan waktu yang lebih baik dari seribu bulan

Hal ini sebagaimana firman Allah Swt dalam Surat Al-Qadr: 1-5 yang artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 1-5).

Keistimewaan malam ini, jika Anda melakukan ibadah di malam ini maka sama seperti melakukan ibadah selama seribu bulan atau sekitar 83 tahun. Pastinya Anda ingin bertemu dengan malam ini, maka kenali tanda datangnya malam lailatul qadar ini dilansir dari laman Okezone.com, Jumat (15/5/2020) Rasulullah Saw telah memberikan tanda-tanda mengenai datangnya malam tersebut dalam sejumlah riwayat hadis, yaitu:

Suasanya Tenang

Tanda yang pertama, suasana malam datangnya Lailatul Qadar berbeda dengan malam-malam biasanya. Suasana malam datangnya Lailatul Qadar penuh dengan ketenangan, udara pada malam ini terasa lebih tenang. Kata Nabi Muhammad Saw, “Lailatul Qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (meteor),” (HR. at-Thobroni).

Paginya Matahari Bersinar Lemah

Tanda lainnya yaitu, datangnya malam Lailatul Qadar adalah suasana paginya yang tenang. Dalam hadis riwayat Ibnu Abbas, Nabi Saw bersabda, “Lailatul Qadar adalah malam tenteram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”
Ibnu Khuzaimah juga mengatakan bahwa, “Lailatul Qadar ini adalah malam yang tidak panas atau dingin.”

Matahari Bak Nampan

Jika sinar matahari bersinar cerah tapi tidak panas atau terik ini merupakan tanda datangnya malam Lailatul Qadar. Sahabat Ubay bin Ka'ab menceritakan bahwa Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, “Keesokan hari setelah Lailatul Qodar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.”

Bulan Hanya Sepotong

Dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah pernah berbicara dengan Nabi Saw tentang Malam Lailatul Qadar. Nabi Muhammad Saw mengatakan, “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.” Jika Anda melihat bulan nampak separuh nampan mungkin ini malam datangnya Lailatul Qadar, maka lakukan kebaikan-kebaikan sebanyak mungkin.

Hari Ganjil

Malam Lailatul Qadar biasany datang di malam malam ganjil, seperti malam ke 21, 23, 25, 27. Keterangan ini berasal dari hadit dari Aisyah yang menyebutkan, “Rasulullah Saw beritikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan ia bersabda, ‘Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan',” (HR. Bukhari dan Muslim).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.