oleh

Daun Kelor Itu Mampu Menyembuhkan 300 Lebih Penyakit Lho!

PortalMadura – Masyarakat Madura, Jawa Timur tentu sudah merasakan manfaat dari daun Kelor atau Moringa (Moringa Oleifera), meski sebagian beranggapan bahwa campuran saat memandikan jenazah. Padahal, daun yang satu ini mengandung obat herbal yang tak ada tandingannya.

Nama umum di Indonesia : Kelor, limaran (Jawa) Inggris : Moringa, ben-oil tree, clarifier tree, drumstick tree Melayu : kalor, merunggai, sajina Vietnam : Chùm ngây Thailand : ma-rum Pilipina : Malunggay.

Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari Suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat.

Bunganya, berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur.

Dari berbagai literatur menyebutkan, bahwa Kelor dapat melindungi kita dari ancaman lebih dari 300 penyakit. Saat ini, tidak hanya dikonsumsi sebagai sayur, melainkan sudah dikemas dalam berbagai bentuk, seperti kapsul, dan kemasan teh kelor. Para ilmuan pun masih terus melakukan penelitian rahasia daun kelor tersebut. Unija & ITS Bakal Teliti Manfaat Daun Kelor di Sumenep

Makan dan minum Kelor ternyata mampu membantu memerangi gangguan pencernaan, mual, diare, mengatasi infeksi dan penyakit tertentu. Dikonsumsi menggunakan teh untuk menangkal sejumlah penyakit yang berbeda.

Teh Kelor juga bagus untuk membantu orang melawan obesitas, karena kelor penuh nutrisi. Bahkan teh Kelor memiliki seabrek kegunaan dan manfaat. Bila di minum setiap hari, sangat efektif untuk pencegahan dan agar tubuh tetap sehat.

Teh Kelor juga mampu meningkatkan energi secara alami dan merupakan sumber nutrisi yang luar biasa. Meningkatnya energi setelah meminum Teh Kelor tidak terjadi karena gula, sehingga berlangsung untuk waktu yang lama. Orang-orang yang meminum Teh Kelor setiap hari mengaku bahwa luka inpeksi mereka sembuh, membatasi pertumbuhan tumor, ada pengurangan rasa sakit karena radang sendi, tekanan darah terkontrol, mengembalikan keremajaan kulit dan akhirnya mereka memiliki pertahanan yang lebih kuat terhadap penyakit.

Khasiat lain, adalah kemampuannya untuk menenangkan sistem syarat pada otak, karena mengandung GABA yang bersifat neorotransmiter, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur. Teh kelor pun memiliki efek detoksifikasi yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Kandungan Daun Kelor :

– Pterigospermin
– Minyak atsiri
– Alkaloid moringin
– Moringinin
– Minyak Lemak

Manfaat Utama :

– Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
– Menyegarkan mata dan otak
– Meningkatkan metabolisme tubuh
– Meningkatkan stuktur sel tubuh
– Meningkatkan serum kolesterol alamiah
– Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
– Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
– Memperindah kulit
– Meningkatkan energi
– Memudahkan pencernaan
– Antioksidan
– Memelihara sistem imunitas tubuh
– Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan
– Bersifat anti-peradangan
– Memberi perasaan sehat secara menyeluruh
– Mendukung kadar gula normal tubuh

Untuk Kecantikan

Mampu menghilangkan noda hitam atau flek pada wajah. Cara sederhana ;

Ambil beberapa daun kelor yang sudah dicuci bersih. Kemudian tumbuk hingga halus, gunakan sebagai bedak, bisa juga dicampurkan dalam bedak yang biasa Anda pakai. Biarkan beberapa menit kemudian basuh dengan air dingin. Lalu, rasakan manfaatnya. Ini baru sebagian kecil manfaat daun dari kelor. Para peneliti pun masih berusaha mengungkap rahasia daun kelor tersebut.(htn)

*sumber, manfaat & kandungan daun kelor.

-
-

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.