Daun Kelor Sumenep Direncanakan Bersertifikat

Avatar of PortalMadura.com
Daun Kelor Sumenep Direncanakan Bersertifikat
Daun kelor Sumenep (Taufikurrahman @portalmadura.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, merencanakan daun kelor Sumenep, bersertifikat.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Helmi menyebutkan, daun kelor yang direncanakan bersertifikat, ada di tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Bluto, Talango dan Batang-batang.

“Daun kelor di tiga kecamatan itu memiliki potensi besar sehingga perlu dibuatkan sertifikasi. Daun kelor sendiri bisa dijadikan obat-obatan dengan dibentuk kapsul dan semacamnya,” terangnya, Senin (1/2/2021).

Rencana itu, kata dia, dalam proses pengumpulan data yang diperlukan untuk memenuhi prosedur sertifikasi. Salah satunya pengumpulan dokumentasi

“Pengumpulan dokumentasi itu sebagai langkah untuk diketahui layak atau tidak. Ternyata, daun kelor yang ada di kecamatan Talango lebih mendominasi daripada di kecamatan lain,” katanya.

Baca Juga:  KONI: Medali Emas Buat Bupati dan Masyarakat Sumenep

Daun kelor di Kecamatan Talango pencemaran airnya lebih sedikit. Bahkan mikroba dan hama daunya lebih rendah. Ditambah lagi oksigennya lebih bagus.

Selain itu, lanjutnya, untuk kebutuhan sertifikasi daun kelor yang direncanakan berfariasi sesuai yang dibutuhkan. Tergetnya, kata dia, tahun 2021 proses sertifikasi daun kelor sudah terealisasi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.