Desa Rombasan Sumenep Sajikan Wisata Berbasis Eco Village

Avatar of PortalMadura.Com
Desa Rombasan Sumenep Sajikan Wisata Berbasis Eco Village
Desa Rombasan

PortalMadura.Comk, , Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sedang menggarap potensi wisata desa berbasis “eco village”.

Eco village merupakan cara menggali potensi dengan konsep Pengembangan Desa Berbudaya Lingkungan sebagai penunjang perekonomian masyarakat setempat.

Humas Desa Rombasan, Ach Choirul Ramadani, mengemukakan, bahwa wisata yang sedang digarap, merupakan wisata alternatif yang memadukan wisata berbasis konservasi (ecotourism) dengan wisata berbasis desa (tourism village).

“Desa Rombasan memiliki berbagai varietas buah-buahan yang beraneka ragam. Seperti buah naga sebagai produk unggulan, dan buah-buahan lain seperti aren, matoa, anggur, alpokat, srikaya Australia, jeruk, jambu air, kelengkeng, dan lainnya,” katanya, pada PortalMadura.Com, Senin (6/2/2017).

Dijelaskan, selain potensi wisata agro, Desa Rombasan dengan konsep eco village juga memiliki bengkel produksi dan reparasi gamelan. “Ini satu-satunya di Madura,” ujarnya.

Selain sebagai tempat pembuatan, bengkel yang ada juga menjadi tempat latihan karawitan dan Tari Muang Sangkal yang notabene adalah tarian khas Kabupaten Sumenep.

“Perpaduan musik tradisional tong-tong dan modern yang akrab disebut ul-daul, juga ada,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, dalam mengembangkan sebuah kawasan eco village tentunya bukan hanya mempersiapkan daya tarik wisata yang ada.

Namun komponen lain, seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat lokal, pembangunan infrastruktur, akomodasi, fasilitas pendukung, kelembagaan, dan media promosi, juga harus digarap secara bersamaan.

“Semua itu bisa maksimal bila  ada pendampingan dan dukungan dari seluruh stakeholders pariwisata, sehingga arah pengelolaannya dapat berkelanjutan,” tandasnya.

Usaha yang sudah dilakukan oleh Desa Rombasan, yakni sudah melakukan komunikasi dengan Asi Dewi (Asosiasi Desa Wisata) Jawa Timur.

Sabtu (4/2/2017) Tim dari Asi Dewi Jatim sudah melakukan kunjungan ke Desa Rombasan untuk melakukan survei penggalian potensi agrowisata.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.