oleh

Mengenal Sosok Hendi Prio Santoso, Peraih CEO Terbaik Dalam Ajang Top BUMN Award 2020

PortalMadura.com – Hendi Prio Santoso sukses meraih beberapa penghargaan pada akhir tahun 2020. Laki-laki yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) tersebut, pada tanggal 30 November 2020 kemarin meraih penghargaan untuk kategori The Best CEO BUMN Public Company Non-Financial Sector with Asset Above 15 T.

Hendi Prio mendapatkan penghargaan tersebut dalam ajang Bisnis Indonesia Top BUMN Award 2020. Masih di dalam ajang yang sama, PT SGI yang ia pimpin juga berhasil menjadi juara dalam penghargaan The Most Resilient BUMN Public Company Non-Financial Sector with Asset Above 15 T.

Dari dua penghargaan yang Hendi dapatkan cukup untuk membuktikan bahwa dirinya memang orang yang berkompeten dalam memimpin perusahaan BUMN. Ia mampu membawa PT Semen Indonesia atau SIG menjadi sektor BUMN bukan keuangan yang mempunyai aset di atas 15 Triliun.

Prestasi yang Hendi Prio dan PT SIG layak mendapat apresiasi. Pasalnya, di tengah pandemi covid-19, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) tetap bisa bertahan dalam persaingan dengan perusahaan lainnya.

Pandemi Covid-19 mengakibatkan kondisi perekonomian Indonesia dan global menjadi tidak stabil. Mampu bertahan terhadap goncangan ekonomi bagi sebuah perusahaan menjadi sebuah prestasi membanggakan. PT SGI tidak hanya bertahan namun juga mendapatkan keuntungan ekonomi dari bisnisnya.

Jadi bukan menjadi hal yang berlebihan apabila Hendi Prio Santoso kemudian dinobatkan sebagai CEO terbaik BUMN untuk perusahaan bukan sektor keuangan. Ia dan perusahaannya sangat layak mendapatkan kedua penghargaan tersebut. Dua buah penghargaan diserahkan secara virtual kepada Hendi Prio dan PT SGI pada tanggal 30 November 2020.

Pada bulan Desember 2020 tepatnya tanggal 14, PT SGI juga memperoleh penghargaan emiten terbaik sektor industri semen. Penghargaan diberikan oleh Bisnis Indonesia dalam acara Bisnis Indonesia Award (BIA) 2020. Penghargaan ini adalah sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan PT SIG dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang baik selama masa pandemi Covid-19.

Profil dan Perjalanan Karir Hendi Prio Santoso

Hendi Prio Santoso lahir di Jakarta pada tanggal 5 Februari 1967. Kesuksesan dalam memimpin beberapa perusahaan baik swasta maupun BUMN tidak lepas dari latar belakang pendidikannya.

Hendi merupakan lulusan University of Houston, Texas, Amerika Serikat dengan gelar Bachelor of Business Administration. Setelah lulus dari University of Houston, kemudian ia melanjutkan pendidikannya untuk meraih gelar master. Ia kemudian kuliah di University of Texas System.

Perjalanan karir Hendi dimulai dari perusahaan perbankan milik swasta yaitu PT Bank Niaga antara tahun 1990 hingga 1991. Kemudian, ia bekerja di Citibank NA di tahun 1991 sampai 1996. Karirnya mulai menanjak ketika ia dipercaya sebagai Wakil Presiden di perusahaan Perdana Multi Finance pada tahun 1996.

Dari tahun 1996 sampai 1998, Hendi mendapat tugas baru sebagai Direktur Pengembangan di PT Perdana inti Investama. Lalu, mulai tahun 1998-2001 ia mendapatkan posisi Associate Director di PT Bahana Securities. Perjalanan karir Hendi Prio Santoso kemudian berlanjut di PT Anugra Cipta Investama. Posisinya di perusahaan ini adalah sebagai direktur dari tahun 2001 sampai 2004.

Perjalanan Hendi di perusahaan swasta yang terakhir adalah saat dia menjabat sebagai Direktur Investment Banking di PT JP Morgan Securities Indonesia. Di perusahaan ini Hendi menghabiskan masa pengabdiannya selama 3 tahun atau dari 2004 hingga 2007.

Karirnya di perusahaan BUMN berawal dari pengangkatannya sebagai Direktur Utama dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Dia menggantikan Dirut PT PGN sebelumnya yaitu Karen Agustiawan.

Prestasinya dalam memimpin PT PGN membuat Hendi Prio Santoso semakin dikenal di kalangan perusahaan BUMN. Hingga akhirnya dia mencapai puncak karirnya saat dipercaya memimpin PT Semen Indonesia Persero, Tbk (PT SGI).

Di bawah kepemimpinannya, PT SGI berhasil mendapat penghargaan sebagai perusahaan BUMN non keuangan yang mempunyai aset lebih dari 15 T. Ia juga dinobatkan sebagai CEO perusahaan BUMN terbaik pada tahun 2020.

Jadi, itulah sedikit ulasan mengenai profil serta perjalanan karir Hendi Prio Santoso. Ia merupakan contoh bagi generasi bangsa Indonesia. Bagi Anda generasi muda Indonesia, saatnya semangat belajar dan bekerja agar dapat membangun negeri kita tercinta.

Rewriter: Muhammad Zakariya
-

Komentar