Didik Anak Secara Islami dengan 3 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Didik Anak Secara Islami dengan 3 Cara Ini
Ilustrasi (KapanLagi Plus)

PortalMadura.Com – Semua orang tua pasti ingin memberikan semua yang terbaik pada buah hatinya. Karena hal itu merupakan berkah dan kebahagiaan dalam sebuah rumah tangga. Apalagi dalam Islam, adalah titipan Allah SWT yang patut dijaga dan dididik dengan baik agar hidupnya berguna bagi orang lain, agama dan negara.

Mendidik seorang anak dalam Islam harus sesuai dengan pesan Rasulullah sehingga anak menjadi soleh dan berbakti. Lantas bagaimana cara ? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mendidik anak secara Islami.

Mengajarkan Dasar-dasar Islam

Dalam mendidik anak secara islam, tentu saja Anda harus mulai mengenalkan dasar-dasar Islam pada anak. Hal ini dilakukan untuk menanamkan rasa cintanya pada Islam dan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan Hadis dari Ibnu Abbas.

“Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat “Lailaha-illaallah”. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, “Lailaha-illallah”. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya “Lailah-illallah”, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.” (H.R Ibnu Abbas)

Selain itu, dalam kitab Al Amali dari Imam Al Baqir serta Imam ash Shadiq pun mengatakan mengenai tahapan awal untuk mengenalkan anak pada Allah SWT. Dalam hadisnya disebutkan bahwa anak di usia 3 tahun, ajarkan kalimat Tauhid “Laila ha illallah” sebanyak tujuh kali. Kemudian saat anak menginjak usia 3 tahun 7 bulan, ajarkan sang anak kalimat “ Muhammad Rasullullah“.

Dengan menerapkan kedua kalimat ini, maka diharapkan sang anak pun bisa menanamkan rasa cintanya kepada Allah SWT dan juga Nabi Muhammad SAW. Selain itu, Anda bisa menanamkan rasa cinta sang anak kepada Rasul-Nya dengan menceritakan kisah-kisah Nabi dan Rasul. Tentu saja hal ini bisa Anda jadikan sebagai kebiasaan mendongeng sebelum tidur.

Mengajari Anak-anak Mendirikan Salat

Mulailah sejak dini untuk mengajarkan anak-anak Anda salat. Meskipun tidak selalu melaksanakan salat dengan penuh dan khusuk, namun ini bisa melatih anak bagaimana salat. Saat anak telah memahami mana arah kanan ataupun arah kiri, Anda bisa mengajarkan mengenai arah kiblat. Setelah itu cobalah untuk mulai mengajaknya salat.

Kemudian perlahan-lahan ajarilah anak Anda untuk berwudhu. Tentu saja Anda harus memberikan tuntunan yang baik dan tidak membuat sang anak bingung. Saat anak Anda berusis tujuh tahun Anda bisa menyuruhnya untuk ikut melaksanakan salat. Hal ini juga tertuang dalam sebuah Hadis dari Ahmad dan Abu Dawud.

“Suruhlah anak-anakmu shalat ketika berumur tujuh tahun, pukullah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Melatih Anak Ikut Berpuasa

Saat bulan Ramadan tiba, Anda bisa mengikut sertakan anak Anda berpuasa. Ajaklah anak Anda untuk ikut bangun saat waktu sahur tiba. Namun di Indonesia sendiri ada istilah puasa setengah hari. Anda juga bisa mngajarkan anak untuk berpuasa setengh hari pada awalnya.

Akan tetapi Anda juga harus mengajarkan puasa penuh untuknya. Selain itu, saat berpuasa ini, Anda bisa juga menceritakan kenapa harus berpuasa, ataupun manfaat berpuasa. Meski tidak semua anak kecil dapat memahaminya, akan tetapi masukan ini bisa terekam oleh memory kecilnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.