oleh

Dies Natalis ke-8, Wagub Jatim Bangga Poltera Pilihan Pendidikan Negeri

PortalMadura.Com, Sampang – Wakil Gubernur Jawar Timur, Emil Elestianto Dardak memberikan orasi ilmiah pada Sidang Terbuka Senat Politeknik Negeri Madura (Poltera) dalam Rangka Dies Natalies Ke-8 dan Penandatangan Nota Kerjasama secara virtual dan live melalui akun YouTube, Rabu (11/11/2020).

Sidang senat terbuka digelar via Luar Jaringan (Luring) secara terbatas. Turut hadir Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi, Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang, dan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se- Madura.

Suasana daring sidang terbuka senat Poltera (Foto: Rafi @portalmadura.com)

Pada orasi ilmiah, Emil Elestianto Dardak menyampaikan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Timur berada di papan tengah. Artinya, pemerintah bersama seluruh instansi memiliki Pekerjaan Rumah (PR) yang besar.

“Seharusnya, Jawa Timur adalah daerah dengan IPM tinggi. Tanpa mengorangi rasa hormat, ada tugas bagi kita semua untuk menggenjot nilai IPM di Madura,” ujarnya.

Emil menyebutkan, kategori IMP yang harus tingkatkan, salah satunya angka pendidikan, seperti rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah. “Kami harapkan supaya dapat mendorong IPM terus meningkat wilayah di Madura,” lanjutnya.

Saat orasi ilmiyah, pihaknya merasa sangat bangga bahwa Poltera menjadi pilihan pendidikan tinggi negeri yang bukan hanya berupaya meningkatkan IPM.

“Poltera membantu meningkatkan penguasaan ilmu pengetahun dan teknologi. Jurasan disandingkan dengan sains dan teknologi yang memang sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Direktur Politeknik Negeri Madura, Dr. Arman Jaya menjelaskan, kegiatan Dies Natalis Ke-8 sekaligus introspeksi, evaluasi terhadap kondisi pendidikan kampus.

Sidang terbuka senat Poltera (Foto: Rafi @Portalmadura.com)

“Kami harus mampu memperbaiki terhadap kondisi Poltera dari segi kekurangan, upaya meningkatkan kualitas, dan terus menambah kapasitas penerimaan mahasiswa baru sehingga kampus semakin jaya,” terangnya.

Pihaknya menjalin kerjasama dengan 17 SMK se- Madura, serta pemerintah daerah pada bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), teknologi, dan pemikiran atau konsep untuk kemajuan Poltera.

“Poltera akan dijadikan pembina SMK negeri dan swasta oleh pemerintah pusat melalui kementerian agar ada sinergi antara lulusan SMK dengan kampus,” katanya.

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi mengapresiasi penyelenggaraan Dies Natilis ke-8 untuk Poltera yang telah menunjukkan kemajuan bidang pendidikan pada dunia kampus di daerahnya.

Sidang terbuka senat Poltera (Foto: Rafi @Portalmadura.com)

“Poltera tambah maju dan sukses serta dapat mengemban amanah. Kami meminta kepada Poltera supaya mengutamakan warga Sampang,” tegasnya.

Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI itu, mengajak mahasiswa lulusan Poltera untuk inovatif, dan praktis dalam mengembangkan kemampuan atau keahlian guna membuka lapangan kerja dengan tujuan meningkatkan ekonomi krearif.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Oktaviana Dwi KK