Digitalisasi Akan Diterapkan di Museum Keraton Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Digitalisasi Akan Diterapkan di Museum Keraton Sumenep
Bambang Irianto

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menerapkan digitalisasi pada pengelolaan .

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Bambang Irianto menjelaskan, penerapan digitalisasi tersebut sebagai upaya meminimalisir problem salah satu objek wisata bersejarah.

“Problemnya itu, museum masih dianggap kaku untuk menarik perhatian minat para pengunjung. Khususnya kaum milenial,” katanya, Minggu (6/12/2020).

Menurutnya, salah satu bentuk kongkret dari penerapan digitalisasi adalah pemandu konten dan koleksi yang ada di Sumenep.

“Penerapan itu dalam proses. Kedepan, koleksi yang ada di Museum Keraton Sumenep bisa diakses melalui barcode [kode batang] di handphone,” terangnya.

Dengan digitalisasi museum Keraton Sumenep maka diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung sebagai tempat yang memiliki benda bersejarah yang unik dan menarik.

“Sumenep harus bisa menerapkan digitalisasi seperti yang sudah banyak dimanfaatkan diberbagai belahan dunia,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.