oleh

Digitalisasi Akan Diterapkan di Museum Keraton Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menerapkan digitalisasi pada pengelolaan museum Keraton Sumenep.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Bambang Irianto menjelaskan, penerapan digitalisasi tersebut sebagai upaya meminimalisir problem salah satu objek wisata bersejarah.

Selamat Ibadah Puasa

“Problemnya itu, museum masih dianggap kaku untuk menarik perhatian minat para pengunjung. Khususnya kaum milenial,” katanya, Minggu (6/12/2020).

Menurutnya, salah satu bentuk kongkret dari penerapan digitalisasi adalah pemandu konten dan koleksi yang ada di museum Keraton Sumenep.

“Penerapan itu dalam proses. Kedepan, koleksi yang ada di Museum Keraton Sumenep bisa diakses melalui barcode [kode batang] di handphone,” terangnya.

Dengan digitalisasi museum Keraton Sumenep maka diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung sebagai tempat yang memiliki benda bersejarah yang unik dan menarik.

“Sumenep harus bisa menerapkan digitalisasi seperti yang sudah banyak dimanfaatkan diberbagai belahan dunia,” katanya.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Lisa Mana L

Komentar