oleh

Dispendukcapil Blusukan Ke Daerah Terpencil Cetak KTP Gratis

PortalMadura.Com, Pamekasan – Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur sudah jemput bola dengan melakukan perekaman dan pencetakan KTP-EL terhadap pelajar yang sudah memenuhi syarat memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sebanyak 120 siswa dari lima SMA di Pamekasan sudah terekam. Selain itu sedikitnya 420 KTP baru juga direkam dan dicetak di Desa Campor Kecamatan Proppo Pameksan. Bahkan dengan pengurusan Kartu Keluarga (KK) gratis.

Agenda yang sama juga akan dilakukan di desa lainnya terutama yang sulit dijangkau transportasi. Hal ini dilakukan karena KTP lama dengan sistem SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) sudah tidak berlaku dan berganti dengan KTP-EL atau KTP Elektronik.

Agus Budi Darmanto, Kasi Registrasi Mobilitas Penduduk Dispendukcapil Pamekasan mengatakan, kelebihan dari KTP-EL semua data pribadi pemegang sudah masuk di dalam KTP dan jika hilang masih bisa langsung dicetak kembali.

“Bisa digunakan di semua instansi dan berlaku di seluruh Indonesia, dan jika hilang asalkan ada laporan polisi maka bisa dicetak kembali,” jelasnya, Selasa (13/1/2015).

Sementara, sosialisasi dan perekaman KTP Elektronik sudah dilakukan Kependuk Capil Pameksan sejak awal Januari 2015. Dari 675 ribu pemegang KTP, tersisa sebanyak 35 ribu warga pemegang KTP EL), sudah dicetak dan diintegrasi ke pusat secara mandiri oleh Dispenduk Capil Kabupaten Pamekasan.  35 ribu data pemegang KTP tersebut merupakan sisa sekitar 5 persen dari total masyarakat pemegang KTP di kabupaten Pamekasan.

Dan saat ini Kabupaten pamekasan sudah mendapat kiriman sekitar 160 ribu keeping Chip penyimpan data di KTP. (reiza/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE