Distribusi CSR Dinilai Tak Sehat, Anggota DPR RI Kecam Perusahaan Migas di Madura

Avatar of PortalMadura.Com
Distribusi CSR Dinilai Tak Sehat, Anggota DPR RI Kecam Perusahaan Migas di Madura
Ist. Slamet Junaidi

PortalMadura.Com, Jakarta – Distribusi dan pengelolaan (corporate social responsibility) dari beberapa perusahaan minyak dan gas (migas) yang melakukan kegiatan produksi di kawasan perairan Pulau Madura yang meliputi Kabupaten , Pamekasan, Sampang dan Bangkalan kerap dipermasalahkan.

Masyarakat area terdampak eksploitasi migas yang tinggal di kawasan pesisir sering mengeluhkan bahwa mereka kerap tidak menerima CSR sebagai bagian dari tanggung jawab yang harus dikeluarkan perusahaan kepada masyarakat.

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Madura, Jawa Timur, Slamet Junaidi turut angkat bicara menyikapi tidak sehatnya mekanisme distribusi CSR yang dilakukan oleh perusahaan migas tersebut.

Menurutnya, masyarakat jangan semakin dibodohi dan hanya menerima kerusakan ekosistem laut akibat kegiatan eksploitasi migas di kawasan laut pulai garam.

“Saya sering mendapatkan keluhan dari masyarakat jika mereka tidak pernah menerima alokasi dana CSR dari perusahaan. Saya menduga, jangan-jangan dana CSR memang sengaja tidak dikeluarkan oleh perusahaan migas yang beroperasi di Madura,” kata Slamet di ruang kerjanya, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/6/2016).

Slamet juga menekankan pentingnya transparansi ke publik tentang besaran CSR yang selama ini diterima pemerintah daerah dari perusahaan migas.

Karena, lanjut Slamet, jangan sampai CSR yang menjadi hak masyarakat justru ditilep oleh pemangku kebijakan yang dipercaya untuk mendistribusikan dana CSR kepada masyarakat.

“Pemerintah daerah harusnya membuat laporan secara berkala yang memuat besaran jumlah CSR, sehingga bisa diakses oleh masyarakat. Karena jika dihitung dari sekian perusahaan migas yang Madura, dana CSR nya sangat besar,” terang pria kelahiran Madura itu.

Surati Pemerintah Daerah

Slamet juga berjanji akan melayangkan surat kepada seluruh pemerintah daerah di empat kabupaten di Madura. Hal ini bertujuan, agar tata kelola dan distribusi CSR lebih profesional dan sehat.

“Dengan mempertimbangkan beberapa keluhan dan laporan masyarakat serta beberapa bukti pendukung yang lain tentang mekanisme pengelolaan CSR yang masih bermasalah, tentu saya akan mengirimkan surat kepada suluruh pemerintah daerah yang juga dipercaya untuk ikut mendistribusikan CSR kepada masyarakat,” jelas Slamet.

Politisi Partai NasDem itu juga akan menegur dan memberikan peringatan kepada perusahaan migas yang dianggap lalai dalam mengalokasikan sebagaian hasil produksi untuk CSR.

“Bahkan masyarakat hanya diiming-imingi dibangun sekolah dan jalan raya yang nilainya sangat kecil jika dibandingkan CSR yang harus dikeluarkan perusahaan. Sehingga harus ada langkah tegas bagi perusahaan yang dianggap lalai,” pungkasnya.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.