Kalam  

Doa Mustajab Setelah Shalat Tahajud dan Artinya

Avatar of PortalMadura.com
Doa Mustajab Setelah Shalat Tahajud dan Artinya
Doa Mustajab Setelah Shalat Tahajud dan Artinya

Tahukah Anda bahwa Tahajud adalah shalat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW? dilakukan di malam hari setelah tidur, dan memiliki banyak keutamaan yang bisa didapatkan oleh orang yang melakukannya. Salah satu keutamaannya adalah Mustajab.

Namun, mungkin Anda bingung tentang doa Mustajab yang tepat untuk dibaca setelah Shalat Tahajud. Jangan khawatir, karena kami akan memberikan informasi lengkap tentang doa Mustajab setelah Shalat Tahajud, dan artinya. Dengan membaca doa Mustajab setelah Shalat Tahajud, Anda bisa mendapatkan berbagai keberkahan dan kemudahan dalam hidup.

Doa Mustajab Setelah Shalat Tahajud

Berikut ini adalah bacaan doa mustajab setelah shlat tahajud sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW:

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qoddamtu, wa maa akhkhartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Doa Mustajab Setelah Sholat Tahajud dengan Dzikir

Selain bacaan doa mustajab setelah sholat tahajud di atas, ada juga bacaan dzikir yang bisa dilafalkan sebelumnya. Membaca dzikir setelah sholat tahajud tak hanya bertujuan untuk menyempurnakan sholat dan memohon kepada Allah SWT semata, namun juga untuk menjaga hati agar tetap tenang dan menambah pahala. Berikut bacaannya:

Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Istighfar Sebanyak 100 Kali

  • Tasbih: Subhanallah (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah.
  • Tahmid: Alhamdulillah (الحمد لله), artinya Segala Puji Bagi Allah.
  • Takbir: Allahu Akbar (الله أكبر), artinya Allah Maha Besar.
  • Istighfar pendek: Astaghfirullah, artinya Aku mohon ampun kepada Allah.
  • Istighfar panjang: Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih. Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.

Selain bacaan dzikir di atas, Anda juga bisa menambahkannya dengan bacaan sayyidul istighfar yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut ini:

اللَّهُمَّأَنْتَرَبِّيلَاإِلَهَإِلَّاأَنْتَخَلَقْتَنِيوَأَنَاعَبْدُكَوَأَنَاعَلَىعَهْدِكَوَوَعْدِكَمَااسْتَطَعْتُأَعُوذُبِكَمِنْشَرِّمَاصَنَعْتُأَبُوءُلَكَبِنِعْمَتِكَعَلَيَّوَأَبُوءُلَكَبِذَنْبِيفَاغْفِرْلِيفَإِنَّهُلَايَغْفِرُالذُّنُوبَإِلَّاأَنْتَ

Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.

Artinya: “ Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu.”

Selain doa Mustajab setelah Shalat Tahajud, masih banyak doa-doa lain yang bisa Anda amalkan untuk mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam hidup. Berikut ini adalah beberapa doa-doa lain yang bisa Anda baca setelah Shalat Tahajud:

1. Doa Qunut Nazilah

Doa Qunut Nazilah merupakan doa yang dibaca ketika terjadi musibah atau bencana di suatu tempat. Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan dan keselamatan dari segala bencana dan musibah.

2. Doa Taubat

Doa Taubat adalah doa untuk memohon ampunan dan pengampunan dosa. Dengan membaca doa Taubat setelah Shalat Tahajud, kita bisa membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan yang pernah kita perbuat.

3. Doa Shalat Dhuha

Doa Shalat Dhuha adalah doa yang dibaca setelah Shalat Dhuha. Namun, Anda juga bisa membacanya setelah Shalat Tahajud. Dengan membaca doa ini, kita memohon keberkahan dan kemudahan dalam hidup.

4. Doa Hizib Bahr

Doa Hizib Bahr adalah doa yang terkenal dengan keampuhannya dalam mengatasi berbagai masalah dan kesulitan. Dengan membaca doa ini setelah Shalat Tahajud, kita bisa mendapatkan perlindungan dan keselamatan dari segala ancaman dan bahaya.

5. Doa Setelah Shalat Witir

Doa Setelah Shalat Witir juga bisa dibaca setelah Shalat Tahajud. Dengan membaca doa ini, kita bisa memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Semua doa-doa tersebut bisa Anda baca setelah Shalat Tahajud. Selain itu, Anda juga bisa mencari doa-doa lain yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Dalam menjalankan ibadah Shalat Tahajud, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti konsistensi dalam melaksanakan Shalat Tahajud, memilih waktu yang tepat, dan memperbanyak membaca Al-Quran. Dengan mengikuti tata cara Shalat Tahajud yang benar dan konsisten, Anda bisa mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam hidup.

Manfaat Membaca Doa Mustajab Setelah Shalat Tahajud

Membaca doa Mustajab setelah Shalat Tahajud memiliki banyak manfaat bagi kehidupan Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Mendapatkan keberkahan dalam hidup Dengan membaca doa Mustajab setelah Shalat Tahajud, Anda bisa mendapatkan berbagai keberkahan dalam hidup, baik dalam urusan dunia maupun akhirat.
  2. Mendapatkan kemudahan dalam segala urusan Doa Mustajab setelah Shalat Tahajud juga bisa membantu Anda mendapatkan kemudahan dalam segala urusan, baik yang bersifat duniawi maupun spritual.
  3. Meningkatkan kualitas hidup Anda Membaca doa Mustajab setelah Shalat Tahajud bisa membantu meningkatkan kualitas hidup Anda, karena Anda akan selalu dekat dengan Allah SWT dan merasa tenang serta damai.

Demikianlah informasi mengenai doa Mustajab setelah Shalat Tahajud dan manfaatnya bagi kehidupan Anda. Jangan ragu untuk mencoba membacanya dan merasakan keberkahannya. Semoga bermanfaat!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.