oleh

Dongkrak Ekonomi Warga, Sumenep Gelar Pameran Pembangunan di Berbagai Kecamatan

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar pameran pembangunan diberbagai kecamatan.

Pameran yang juga dalam rangkaian Hari Jadi ke 749 Kabupaten Sumenep tahun 2018 dan Hari Ibu tersebut, salah satunya di laksanakan di Lapangan Kecamatan Guluk-guluk, Jumat (14/12/2018).

Kegiatan dalam usaha mendongkrak ekonomi kerakyatan ini berkat kerjasama Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (PRKP) dan Cipta Karya, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, serta PDAM
Sumenep.

Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep, dan unsur Kecamatan Ganding, Kecamatan Guluk-guluk serta Kecamatan Pragaan, Sumenep.

Peserta pameran melibatkan 12 desa se-Kecamatan Guluk-guluk, Koordinator pelaksana Dispertahutbun dari tiga kecamatan, dan Koordinator pelaksana pendidikan dari tiga kecamatan.

Sekaligus Koordinator pelaksana Kependudukan dari tiga kecamatan, Puskesmas dari tiga kecamatan, dan SMPN 1 Guluk-guluk serta melibatkan TK, PAUD/RA dalam kemasan lomba mewarnai.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim menyampaikan, pameran memang perlu untuk dilakukan sebagai salah satu upaya menjembatani pemasaran bagi para pelaku UMKM di daerah-daerah yang tersebar di berbagai pelosok desa.

Persoalannya sekarang, bukan pada produk yang dihasilkan oleh UMKM, namun pada kemasannya. “Kami melalui Disperindag, diantaranya ada program khusus pelatihan untuk kemasan produk. Juga memberikan bantuan peralatan, supaya kemasan produknya lebih bagus, sehingga menarik hati konsumen,” katanya.

Upaya lain yang dilakukan pemerintah daerah, setiap kali pihaknya keluar daerah selalu menyajikan produk atau kerajinan unggulan masyarakat. Belum lama ini, ia lakukan disalah satu acara di Jakarta.

“Kami setiap ada acara di luar daerah, pasti menyuguhkan produk atau kerajinan unggulan dari desa, sebagai upaya promosi dengan harapan, produk itu terkenal di luar Kabupaten Sumenep,” terangnya.

Sementara, Camat Guluk-guluk, Sumenep, menjelaskan, pameran pembangunan dapat memberikan kesempatan kepada pelaku usaha yang ada untuk mempromosikan dan memasarkan langsung produk unggulan daerah yang tersebar di berbagai desa.

Selain itu, memberikan peluang kepada UMKM untuk dapat mengembangkan usaha (produk) yang dihasilkan, serta untuk menambah wawasan pelaku usaha dalam meningkatkan mutu dan kualitas hasil usaha (produknya).

Tak kalah pentingnya, juga sebagai sarana informasi dalam mempublikasikan program, kegiatan dan hasil kerja Pemerintah Kabupaten Sumenep kepada masyarakat.

“Dan sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat,” katanya.

Pada pameran pembangunan yang diawali dengan jalan-jalan santai dan berbahadiah jutaan rupiah itu, mendapat support dari dealer honda SBJ, Oppo, Sari Roti, UD Sarua Subur dan Bank BPRS Sumenep.(Putri/Hartono)


Komentar