oleh

DPT Pileg Diverifikasi Ulang

SUMENEP (PortalMadura) – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 untuk wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dilakukan verifikasi ulang oleh KPUD setempat. Pasalnya ditengarai ada pemilih tanpa Nomor Induk Kependudukan (NIK). Padahal, pada tanggal 1 November lalu, KPUD sudah memplenokan DPT tersebut.

Komisioner KPU Sumenep, Moh Ali Fikri menyatakan, guna melakukan verifikasi, KPU telah memberi bimbingan teknik kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk disampaikan pada PPS terkait perbaikan DPT yang diduga banyak tanpa NIK. Dalam pelaksanaannya, PPS mendatangi rumah-rumah hingga tanggal 19 November mendatang.

“PPS akan mendatangi pemilih yang terdaftar di DPT, apakah mereka memiliki NIK atau tidak. PPS akan mencatat semua temuan dilapangan,” kata Moh Ali Fikri, Selasa (12/11/13).

Fikri memaparkan, kalau hasil verifikasi pemilih itu ditemukan ada yang tidak memiliki NIK, KPU akan berkoordinasi dengan pihak Dispendukcapil guna memberikan NIK dan kemudian diisi dalam kolom pemilik yang tidak memiliki NIK tersebut.

“Nanti kami akan koordinasikan dengan Dispendukcapil untuk diberi NIK bagi pemilih yang belum memiliki NIK,” tegasnya.

Sesuai data di KPUD Sumenep, jumlah DPT Pileg 2014 yang diplenokan 1 November 2013 lalu, mencapai 904.192 pemilih terdiri dari 426.931 pemilih laki-laki dan 477.261 pemilih perempuan. (arif/htn).



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
Loading...
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.