oleh

Durasi yang Paling Ideal untuk Cuci Tangan, Yuk Ketahui

PortalMadura.Com – Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan kuman dan bakteri. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untuk selalu cuci tangan, apalagi ketika mau makan.

Tidak hanya menggunakan air saja, Anda harus mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir agar kuman tidak mengendap di daerah tersebut. Selain itu, hal yang perlu Anda tahu bahwa mencuci tangan tidak bisa dilakukan cuman sebentar saja, ada waktu yang tepat dalam membersihkannya.

Baca: Waspada! Ini 4 Bahaya Anda Malas Cuci Tangan

Lantas, berapa durasi yang paling ideal dalam mencuci tangan?.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, setidaknya Anda harus menghabiskan 20 detik untuk mencuci tangan dengan baik dan benar.

Berikut adalah cara mencuci tangan yang tepat:

1. Mulailah dengan menggosok telapak tangan maju mundur satu sama lain. Kemudian, gosok pula bagian belakangan kedua tangan. Lakukan ini selama 5 detik.

2. Kemudian beralih ke jari. Gosok masing-masing jari dengan sabun.

3. Jangan lupakan area kuku. Sebab, kuman sering bersembunyi di balik kuku. Bersihkan area kuku dengan sabun juga.

4. Setelah itu, gosok kembali seluruh telapak tangan dengan sabun. Proses ini setidaknya memang menghabiskan waktu selama 20 detik.

5. Terakhir, bilas dengan air yang mengalir. Gosok seluruh bagian telapak tangan hingga bersih dan tidak ada sabun yang tertinggal.

Baca: Cuci Tangan Sendiri, Belajar Mandiri Yuk!

Hindari mencuci tangan dengan sabun yang mengandung antibiotik seperti triclosan. Sebab, diketahui bahwa zat ini akan menyebabkan resistensi pada mikroba yang justru berbahaya untuk kesehatan. (merdeka.com/Putri)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.