Eks Rektor Pamekasan Yang Positif Covid-19 Diambil Swab Kedua

Avatar of PortalMadura.com
Satu Pasien Covid-19 di Pamekasan Membaik, Tinggal Tunggu Hasil Swab
Update Covid-19 di Pamekasan (Foto: IG @humasprotokolpamekasan)

PortalMadura.Com, Pamekasan – Tim medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengambil swab kedua terhadap pasien 05 positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) untuk tes di laboratorium Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Ketua Satgas Covid-19 RSUD Smart Pamekasan, dr. Syaiful Hidayat mengatakan, kondisi pasien asal Kecamatan Proppo tersebut saat ini kondisinya sehat, bahkan semua pasien yang tengah menjalani isolasi di rumah sakit dalam keadaan sehat. Karena rata-rata orang yang terinfeksi covid-19 memang gejalanya ringan.

“Baru pertama itu (yang diambil swabnya) hasilnya positif, hari ini mau di-swab. Nanti hasilnya keluar minggu depan, jadi swab itu dikirim ke Jakarta,” katanya kepada PortalMadura.Com, Senin (20/4/2020).

Baca Juga:  Ciri-ciri dan Tata Cara Cek kesehatan Mental yang Aman

Baca Juga: Prediksi Potensi Dampak Ekonomi di Puncak Covid-19, Analisa Dr. Zakik di Madura

Dikatakan, kendala untuk mempercepat hasil swab adalah fasilitas laboratorium yang harus dikirim ke Kemenkes RI di Jakarta, bahkan masih melalui dua tahap setelah dari Pemprov Jawa Timur. Apabila seluruh daerah di Indonesia mengirim swab dalam waktu yang bersamaan, maka turunnya ke daerah berpotensi lebih lama.

“Semuanya (daerah) ngirim, ada yang dari Sumatera. Kita tidak tahu urutan ke berapa diumumkan. Tapi biasanya turunnya tiap minggu,” tandasnya.

Dia memastikan, pasien yang pernah mengikuti pelatihan pembimbing jemaah haji di Surabaya tersebut kondisinya cukup sehat, tidak ada keluhan apapun.

Senin (23/4/2020), jumlah Orang Dengan Risiko (ODR) di Kabupaten Pamekasan sebanyak 2424 orang, Orang Dalam Pantauan (ODP) sebanyak 93 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang, dua diantaranya dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes, sementara pasien positif sebanyak 5 orang, satu diantaranya meninggal dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.