Empat Perairan Sumenep Berpotensi Gelombang Tinggi

Avatar of PortalMadura.com
Empat Perairan Sumenep Berpotensi Gelombang Tinggi
Mendung menyelimuti langit di perairan Kepulauan Kangean Sumenep (Foto. Badri Stiawan @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kalianget, Sumenep merilis untuk pekan kedua Desember 2020. Khusus Kota Keris, empat titik perairan diperkirakan akan terjadi gelombang tinggi.

Empat perairan itu meliputi, Laut Bagian Barat dan Timur Masalembu, Kepulauan Sapudi dan Kangean. Ketinggian gelombang antara 1,25 meter hingga 2,75 meter diperkirakan akan terjadi dalam kurun waktu 7-11 Desember 2020.

“Ketinggian gelombang di sejumlah titik itu ada yang masuk kategori sedang dan tinggi,” terang Kepala BMKG, Stasiun Meteorologi Kalianget, Sumenep, Usman Khalid, Minggu (6/11/2020).

Tidak hanya gelombang tinggi, lanjut Usman, berdasarkan hasil analisis terkini BMKG menunjukkan bahwa terdapat potensi peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan selama sepekan kedepan.

Diterangkan, peningkatan potensi pertumbuhan awan itu bisa dikarenakan beberapa faktor. Di antaranya kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil.

Oleh karena itu, diperkirakan selama sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Termasuk Jawa Timur.

Usman menghimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem. Seperti puting beliung, hujan lebat disertai petir, dan lain-lain. Sebab kondisi cuaca demikian dapat menimbulkan bencana seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, serta jalan licin.

“Kami harap masyarakat terus memantau perkembangan informasi terkini terkait prakiraan cuaca dari BMKG,” sarannya. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.