oleh

Fajar Iriadi SA, Pelukis Bangkalan yang Tak Mengenal Aliran

Beruntung Dididik Nyoman Gunarsa, Prihatin Seni Lukis Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Hobi menggambar telah menggiring Fajar Iriadi (56) pada dunia seni lukis. Ratusan karya lukis telah dibuat serta dipamerkan di berbagai kota jadi bukti kreatifitasnya mengolah cipta, rasa, serta karsa. Namun ia memendam keprihatinan menyikapi kondisi seni lukis Bangkalan.

Di kalangan pelaku seni lukis Bangkalan ia biasa dipanggil Ir, yang tak lain kependekan dari Iriadi. Namun ada pula yang memanggilnya Fajar. Sedang inisial yang tertera pada lukisan yang selesai dibuat menggunakan nama Ir SA.

Sore itu PortalMadura.Com menjumpai Ir sedang menyelesaikan lukisan pada kanvas berukuran 2×1,5 meter. Bukan di rumah, melainkan di Taman Paseban yang letaknya sebelah utara alun-alun kota atau sebelah timur Masjid Agung Bangkalan. Ada tiga lukisan bertema pemilihan presiden (Pilpres) yang dibuat, jika diperhatikan layaknya cerita bersambung.

Loading...

“Kalau dikaitkan dengan momentum, penggarapan tiga lukisan ini bisa dikatakan terlambat. Namun bagi saya tidak ada kata terlambat, karena melukis itu tidak dibatasi ruang, waktu, serta keadaan. Datangnya imajinasi tak serta merta langsung dituangkan dalam lukisan,” tegasnya.

Di Kota Salak, Ir tergolong pelukis senior. Beberapa pelukis yang seangkatan dengannya telah tutup usia. Jalan berkarya memang tak berbanding lurus dengan usia pelaku seni.

Dalam keseharian …

Halaman: 1 2 3 4 5 6 7 8

Penulis : Agus Hidayat
Editor : Putri Kuzaifah
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar