oleh

Berikut Ini Kenali Faktor Penyebab Gigi Anda Cepat Keropos

PortalMadura.Com – Jika Anda sering mengeluh gigi Anda sensitif dan mudah patah, bisa jadi ini tanda bahwa gigi Anda mulai keropos. Pengeroposan gigi tidak boleh dianggap remeh dan harus segera ditangani. Lantas, apa saja penyebab gigi keropos? Simak berikut ini penyebab gigi cepat keropos.

Para peneliti menduga bahwa kerusakan enamel, infeksi bakteri tertentu, dan penggunaan fluoride berlebihan bisa jadi penyebabnya. Pengeroposan awalnya diduga mulai terjadi dari lubang kecil tak kasat mata di permukaan gigi. Meski amat sangat kecil, lubang tersebut tetap memungkinkan bakteri untuk masuk ke lapisan dalam gigi.

Hal ini terjadi ketika bakteri di mulut membuat asam yang menyerang email. Lubang pada gigi yang tidak dirawat juga dapat menyebabkan rasa sakit, infeksi, keropos, juga kehilangan gigi.

Kemudian lambat laun lubang kecil tersebut tertutup setelah menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride secara berkelanjutan. Inilah yang diduga menyebabkan lubang terbentuk di dalam gigi dan tidak terlihat di bagian luar.

Lubang yang semula kecil dapat semakin membesar dan menyebar ke bagian pulpa gigi. Pulpa adalah bagian terdalam dari gigi yang terdiri dari pembuluh darah dan serabut saraf. Kerusakan di bagian ini dapat menyebabkan gigi sensitif, ngilu, infeksi, hingga gigi tanggal. Bila dibiarkan terus, kondisi ini tidak hanya menjadi penyebab gigi keropos, tetapi juga kerusakan gigi yang sangat parah.

Dilansir dari hellosehat.com, Rabu (16/9/2020), ada banyak kebiasaan sehari-hari yang jarang disadari bisa memicu pengeroposan gigi. Berikut ini faktor yang menyebabkan gigi keropos:

Kebersihan Gigi Yang Buruk

Mulut yang kotor merupakan penyebab utama munculnya plak di bawah garis gusi, permukaan gigi, dan sela-sela gigi. Plak adalah lapisan tipis dan lengket yang dipenuhi oleh jutaan bakteri jahat.

Bila Anda tidak rajin menyikat gigi, plak akan terus terbentuk dan menumpuk. Plak yang terus menumpuk ini lama-lama dapat menyebabkan gigi busuk dan keropos.

Makanan dan Minuman Asam

Salah satu penyebab lainnya gigi keropos adalah paparan asam dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari.

Air liur secara alami akan menetralkan asam di mulut untuk melindungi gigi Anda. Namun, bila Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman asam, enamel dan dentin akan terkikis perlahan. Kondisi ini diperparah bila Anda termasuk jarang menyikat gigi. Mengonsumsi segala yang manis-manis juga dapat menyebabkan hal serupa. Ketika mengonsumsi makanan manis, bakteri di dalam mulut akan menghasilkan asam.

Mulut Kering

Mulut kering (xerostomia) ternyata juga bisa jadi faktor pemicu serta penyebab gigi keropos. Kondisi ini disebabkan karena tubuh Anda menghasilkan air liur yang sedikit. Padahal, air liur penting untuk menjaga kelembapan mulut dan membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.

Di sisi lain, senyawa dalam air liur Anda juga berperan untuk melawan asam dan bakteri yang menyerang gigi. Selama dan setelah Anda mengonsumsi makan-makanan yang asam, air liurlah membantu menetralkan asam di mulut.

Riwayat Penyakit Asam Lambung

Kesehatan sistem pencernaan nyatanya juga memengaruhi kesehatan gigi dan mulut Anda. Bagi Anda yang punya riwayat GERD atau maag, naiknya asam lambung dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Asam lambung yang naik ke mulut dapat mengikis lapisan terluar maupun terdalam gigi Anda. Selain menyebabkan keroposnya gigi, kondisi ini juga dapat menyebabkan kerusakan gigi lainnya. Misalnya, gigi sensitif dan gigi berlubang.

Bulimia

Gangguan pola makan seperti bulimia juga dapat menjadi faktor penyebab gigi keropos. Bulimia adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami ketakutan luar biasa akan kegemukan.

Akibatnya, orang dengan kondisi ini lebih sering memuntahkan makanan dan minuman yang baru dikonsumsinya. Tak hanya mengganggu sistem pencernaan, kebiasaan memuntahkan makanan dengan paksa juga dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada gigi. Cairan yang dimuntahkan penderita bulimia mengandung asam yang bersifat korosif. Semakin sering dan lama gigi terkena asam lambung, maka akan semakin rapuh dan keropos.

Obat-obatan Tertentu

Gigi keropos juga dapat disebabkan karena Anda mengonsumsi obat bebas maupun dengan resep dokter. Beberapa jenis obat memiliki efek samping mulut kering.

Nah, efek samping inilah yang membuat Anda lebih rentan mengalami berbagai kerusakan gigi. Jenis obat yang bisa jadi penyebab mulut kering di antaranya obat pereda nyeri, antidepresan, antihistamin, dekongestan, dan obat hipertensi.

Menyusu Sambil Tidur

Kebiasaan menyusu sambil tidur memang dapat membuat anak kecil cepat tidur. Sayangnya, kebiasaan satu ini juga dapat menyebabkan gigi anak cepat keropos. Kenapa?

Ketika anak menyusu sambil tidur, gula dalam susu akan menempel di giginya dalam waktu yang lama. Gula ini kemudian akan diubah menjadi asam oleh bakteri jahat di dalam mulut. Maka dari itu, permukaan gigi yang terus-menerus terpapar asam inilah yang dapat menyebabkan gigi anak jadi busuk dan akhirnya keropos.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : hellosehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE