Gagah Rancang Agro Wisata Madurasa Sajikan Rumah Madura Tempo Dulu

Avatar of PortalMadura.com
Gagah Rancang Agro Wisata Madurasa Sajikan Rumah Madura Tempo Dulu
Pemerintah Desa sebelum presentasi kepada Bupati Pamekasan di Mandhapa Aghung Ronggosukowati (Foto: Marzukiy @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kecamatan Kadur Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berencana untuk membangun sebagai objek wisata baru di bumi Gerbang Salam.

Kepala Desa Gagah Kecamatan Kadur, Hendra Budi Krisna menyampaikan, rancangan pembangunan tempat wisata itu dengan menggali potensi desa. Meliputi potensi legen, siwalan, daun siwalan, lidi, wedang pokak, dan beberpa potensi pertanian lainnya yang selama ini tidak dikelola dengan baik.

“Di desa wisata Gagah akan menjual beberapa produk kerajinan atau inovasi dari masyarakat Desa Gagah. Nantinya akan menyerap lapangan pekerjaan,” katanya usai presentasi kepada bupati Pamekasan, Kamis (18/2/2021).

Alumni Brawijaya Malang ini menjelaskan, pembangunan agro wisata Madurasa itu akan didirikan di atas Tanah Kas Desa (TKD) dengan luasan sekitar 6 hektar dimulai tahun 2021. Kemungkinan, pembangunan tersebut bisa selesai dalam tiga tahun sampai empat tahun ke depan.

Adapun sajian agro wisata madurasa itu adanya beberapa spot selfi di atas sawah, gazebo, lintasan atletik, tempat kemah, pusat produk desa hingga pembangunan rumah Madura tempo dulu sekaligus sebagai penginapan. Sehingga pengunjung bisa merasakan suasana masa lalu di tempat tersebut.

“Di Desa Gagah itu kan banyak pohon siwalan, sedangkan sekarang siwalan itu hanya dimanfaatkan untuk legen saja. Makanya, kami menggandeng beberapa peneliti untuk mengembangkan sesuatu yang kurang berguna menjadi sesuatu yang berguna,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.