oleh

5 Sosok Keturunan Tionghoa yang Beragama Islam

PortalMadura.Com – Imlek atau Tahun Baru Cina baru saja dilaksanakan oleh seluruh warga keturunan Tionghoa. Mereka merayakan dengan penuh suka cita dan meriah meskipun dalam masa pandemi.

Nah, ternyata ada beberapa sosok keturunan Tionghoa yang beragama Islam. Siapa mereka? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut penjelasannya:

Anton Medan

Anton Medan lahir di Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara pada Oktober 1957. Menginjak masa remajanya Anton Medan bernama awal Tan Hok Liang ini merantau dari Kota Tebingtinggi ke Medan, sebelum melanjutkan ke Jakarta.

Anton Medan pada masa mudanya dikenal dalam dunia kriminal. Namun akhirnya insyaf dan memeluk agama Islam sejak 1992. Bahkan menjadi Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia.

Anton Medan juga mendirikan masjid diberi nama Masjid Jami’ Tan Hok Liang serta mengelola pesantren.

Felix Siauw

Pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan pada 31 Januari 1984 ini adalah alumni Institut Pertanian Bogor.

Ustaz beretnis Tionghoa-Indonesia ini menjadi seorang mualaf semenjak masa kuliah. Terlahir dengan nama Siauw Chen Kwok, kini Ustaz Felix Siauw aktif berdakwa menebar kebaikan dan kasih sayang seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier resmi menjadi mualaf setelah mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Al Mbejaji, Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta pada hari Jumat 21 Juni 2019 lalu.

Deddy mengucapkan dua kalimat syahadat dengan dibimbing langsung oleh Gus Miftah. Deddy lahir di Jakarta pada 28 Desember 1976 kini menjadi seorang Muslim yang berusaha menaati ajaran agama Islam.

Roger Danuarta

Roger Danuarta adalah aktor keturunan Tionghoa yang kini menjadi mualaf, memeluk Islam. Roger mengucapkan dua kalimat syahadat dengan dibimbing oleh Ustaz Insan Mokoginta, pada Senin 29 Oktober 2018.

Pria kelahiran 20 Mei 1982 ini kini telah beristrikan Cut Meyriska dan dikaruniahi seorang anak.

Lindswell Kwok

Lindswell Kwok, Muslimah berdarah keturunan Tionghoa ini lahir di Kota Binjai, Sumatera Utara pada 24 September 1991.

Lindswell Kwok dikenal sebagai altet nasional wushu Indonesia. Lindswell Kwok kini bersuamikan Achmad Hulaefi yang juga atlet nasional wushu. Keduanya kini telah dikaruniai seorang anak.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Okezone.com

Komentar