Ganti Ucapan Selamat Ulang Tahun dengan 5 Doa Ini

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
Ganti Ucapan Selamat Ulang Tahun dengan 5 Doa Ini
Ilustrasi (Merdeka.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Ulang tahun termasuk salah satu momen penting dalam hidup seseorang. Biasanya dilakukan dengan cara mengadakan pesta tiup lilin, potong kue dan makan-makan. Selain itu, akan banyak keluarga, sahabat atau teman yang mengucapkan selamat.

Dalam Islam hukum merayakan ulang tahun adalah haram sebab mengikuti perbuatan atau tradisi non-Muslim. Menjadi bid’ah lantaran Rasulullah SAW sendiri tidak pernah melaksanakannya dan tidak pernah memerintahkan umatnya untuk merayakan ulang tahunnya.

Oleh karena itu, sebaiknya ucapan selamat dan pesta ulang tahun diganti dengan doa. Ada beberapa doa yang bisa Anda amalkan sebagai pengganti ucapan selamat ulang tahun. Lantas, apa saja doanya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Doa Mohon Dipanjangkan Umur

“Allahumma innaa nas aluka tuulil umur biithoo ‘ati wahtim lanaa bil a’maalis sholihah”

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mupanjang umur, yang selalu digunakan untuk ketaatan dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik.”

Doa Memohon Keberkahan

“Allahumma thouwil umuuronaa washohih ajsaa danaa wanawwir quluu banaa wasabbit iymaa nanaa wa’ah sin’a maalanaa wawasshih arzaqonaa waila khoiri qhorribnaa wa anissarri ibidnaa waaqndi hawaa ijanaa fiddiini waddunyaa wallaa hiroti innaka alakulli sai’in qodiir”

Artinya: “Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami. Dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Memohon Anak Salih dan Salihah

Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i

Artinya: “Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hamba-Mu).”

Doa Memohon Rezeki yang Halal

Allahumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qodiir.

Artinya: “Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Memohon Keselamatan

Allahumma innaa nasaluka salaa matan fiddiini wa ‘aafiyatan fiiljasadi waziyaa datan fililmi wabarokatan fiiriziqi wataubatan qoblal mauti warohmatan indal mauti wamaghfirotan ba’dal maut.

Artinya: “Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesegaran atau kesejahteraan pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati,”.

Demikianlah beberapa doa selamat ulang tahun, lengkap bacaan latin, arti, hingga hukumnya.

Baca Juga:  Kategori Darah Istihadah, Muslimah Wajib Tahu!

Wallahu a’lam bisshawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.