oleh

Gara-gara Makan Jamur, Lima Anak di Pamekasan Keracunan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Lima anak di bawah umur asal Desa Klampar Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengalami keracunan massal setelah memakan jamur, Jum’at (18/12/2015).

Lima anak tersebut masing-masing bernama Meli (9) yang kini duduk di bangku SD kelas IV, Hesta (5) siswa TK, Nina (7) kelas I SD Rendi (9) siswa kelas IV SD dan Puput (5) yang saat ini masih duduk di bangku TK.

“Semuanya masih famili dan tinggal dalam suatu keluarga. Kejadian ini dari tadi selesai solat Jum’at setelah mereka memakan jamur,” kata Zainal orang tua salah satu korban saat ditemui di RSUD Dr. Slamet Martodirdjo Pamekasan.

Zainal menuturkan, kelima anak tersebut bermain bersama kemudian memasak jamur yang mereka dapat dari sekitar rumah. Setelah jamur tersebut masak, korban langsung memakannya secara bersama-sama.

Sementara itu, dr. Moh. Hasan Basri yang menangani peristiwa ini menuturkan bahwa keracunan yang dialami kelima anak tersebut murni akibat makanan yang mereka konsumsi. Kemungkinan, jamur yang dimasak mengandung racun.

“Mungkin jamurnya yang tidak bisa dimakan, tapi mereka tetap memasaknya,” ungkapnya.

Menurutnya, korban keracunan itu termasuk kategori parah yang mengharuskan rawat inap hingga kondisinya membaik. Pihaknya tidak bisa memastikan kapan para korban tersebut bisa dibawa pulang.

“Kalau sudah membaik nanti boleh pulang, sekarang masih perlu pemulihan. Tidak boleh pulang sebelum kondisinya baik takut terjadi apa-apa,” pungkasnya. (Marzukiy/har)


Komentar