oleh

Gemar Mendaki Gunung, Ikuti 5 Tips Aman Berikut

PortalMadura.Com – Memiliki hobi yang menantang seperti mendaki gunung harus tetap memerhatikan keamanan diri sendiri dan orang lain. Mencapai puncak dengan selamat dan dapat menikmati keindahan bumi dari atas gunung adalah tujuan utama para pendaki. Namun tujuan yang lebih utama adalah bisa pulang dengan selamat dan berkumpul dengan keluarga tercinta. Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung harus tahu apa saja yang perlu diperhatikan.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pendaki agar kegiatan pendakian berjalan dengan lancar. Dilansir dari laman Kompas.Com, Senin (5/7/2021) berikut tips aman saat mendaki gunung yang harus Anda lakukan:

Pertama persiapan fisik dan mental sebelum mendaki adalah hal yang utama. Mendaki gunung merupakan kegiatan yang banyak menguras tenaga karena rute yang naik turun dan cuaca yang tidak menentu. Oleh karena itu persiapan fisik dan mental sangat penting. Agar fisik Anda kuat saat mendaki sebaiknya olahraga teratur minimal sebulan sebelum mendaki. Olahraga ini akan membuat tubuh terbiasa bergerak sehingga akan terhindar dari keram saat mendaki.

Kedua membawa perlengkapan pendakian karena mendaki bukanlah hal yang simpel. Mendaki berbeda dengan Anda hanya jalan-jalan ke pasar atau ke mall. Saat Anda mendaki akan banyak peralatan atau alat-alat yang harus Anda bawa seperti tenda, sleeping bag, sepatu hiking, jaket, alat masak, mandi, obat-obatan dan lain sebagainya. Jangan bawa barang yang tidak dibutuhkan agar tidak menambah beban Anda saat mendaki.

Ketiga Kenali Gejala AMS atau Acute Mountain Sickness. Penyakit ini adalah penyakit ketinggian di atas gunung dan memiliki gejala dan levelnya menjadi 3 bagian, yakni AMS ringan, AMS sedang, dan AMS berat. Gejala yang biasanya muncul adalah sakit kepala, mual, kehilangan nafsu makan, sesak nafas, tidur terganggu, dan lain sebagainya. Anda harus mengetahui solusi ketika ada yang mengalami hal ini agar tidak makin parah saat berada diketinggian.

Keempat mengurus izin pendakian adalah hal yang utama. Jika Anda mengurus izin pendakian maka Anda akan terdata oleh petugas. Dalam data pendaftaran izin juga biasanya dapat surat izin dokter dan tertulis riwayat penyakit disana. Sehingga ini sangat penting sebelum Anda melakukan pendakian.

Kelima berteduh apabila hujan turun. Sering kali cuaca berubah dengan cepat apalagi cuaca di gunung. Bisa saja pagi hari cuaca cerah namun pada siang hari turun hujan. Sebaiknya Anda berteduh saat hujan agar Anda tidak sakit di ketinggian. Hindari juga berteduh di pohon tua yang rantingnya rapuh. Pastikan Anda selalu berhati-hati selama pendakian agar keselamatan Anda terjaga.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Kompas.Com

Komentar