oleh

Gua Rojing Akan Diteliti, Eksekutif-Legislatif Sepakat Dikembangkan Jadi Wisata

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur beserta DPRD setempat sepakat untuk mengembangkan penemuan gua baru di Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar menjadi tempat wisata.

Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Suli Faris mengatakan, sebelum gua itu dibangun, terlebih dahulu harus dilakukan penelitian untuk mengetahui kandungan bebatuan unik yang terkandung di dalamnya. Sehingga, rencana pembangunannya tidak boleh tergesa-gesa.

“Manakala gua itu layak dijadikan objek wisata baru, saya sangat mendukung. Tentu yang jelas, sebelumnya harus dilakukan penelitian yang benar, dan koordinasi dengan tokoh sekitar agar tidak menimbulkan kecemburuan,” kata legislator asal pantura Pamekasan ini, Kamis (12/3/2015).

Politisi PBB ini mengaku siap mengawal proses penganggaran di dewan, apabila pemkab serius akan membangun gua itu menjadi tempat wisata baru yang nantinya akan berdampak baik bagi perekonomian masyarakat.

Terpisah, Bupati Pamekasan, Achmad Syafii mengatakan, perangkat desa bersama tokoh masyarakat serta pemilik tanah sudah melakukan pertemuan tentang pengelolaan gua tersebut. Pemiliknya, juga merelakan pengelolaan itu bekerja sama dengan pemerintah daerah.

“Itu nanti akan menjadi tempat wisata yang bagus. Namun tentu, kita harus mempunyai perencanaan yang matang dan setelah itu baru melakukan pembangunan,” tandasnya.

Pihaknya berencana akan menurunkan tim untuk meneliti isi gua tersebut. Apakah layak untuk dikembangkan menjadi objek wisata atau tidak. (Marzukiy/htn)


Komentar