oleh

Gunakan 5 Jenis Daun Ini Untuk Perawatan Kulit Wajah

PortalMadura.Com – Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit, khususnya kulit wajah. Bahkan bahan-bahan tersebut bisa jadi ada disekitar Anda. Berupa tanaman yang tumbuh dilingkungan tempat tinggal Anda.

Ada beberapa jenis daun yang berada di sekitar Anda yang bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Daun Jambu Biji dapat Melawan Infeksi Kulit

Ternyata daun jambu biji yang kaya akan antioksidan, agen antibakteri dan antiinflamasi dapat sebagai perawatan kulit.

Dilansir dari Indianexpress, daun jambu biji segar memiliki khasiat obat yang sangat baik dalam mengobati peradangan jerawat dan pigmentasi.

Bahkan daun jambu biji memiliki tindakan antimikroba. Bahan aktif seperti isoflavonoid, asam galat, asam askorbat, karotenoid di dalamnya membantu melawan infeksi kulit dan peradangan.

Cara menerapkannya, yaitu:
Sediakan beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda dan tumbuklah hingga lembut. Setelah itu balurkan daun yang sudah dilembutkan ke bagian kulit wajah. Diamkan selama beberapa saat. Jika sudah baru bilas untuk membersihkan bekasnya.

Daun Jeruk Purut Membuat Rambut Terbebas dari Ketombe

Selain daun jambu biji, daun jeruk purut juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan rambut. Daun jeruk purut sendiri dapat membuat rambut sehat dan terbebas dari ketombe.

Bahkan daun jeruk purut mengandung zat antibakteri terhadap Staphylococcus aureus, yakni patogen pada kulit. Artinya, ekstrak daun jeruk purut bisa dipercaya dalam mencegah pertumbuhan bakteri pada luka untuk memudahkan penyembuhan.

Daun Mangga Dapat Menangkal Radikal Bebas

Tahukah Anda, bahwa radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Nah, daun mangga sendiri yang kaya antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Bahkan daun mangga juga dapat mengobati jerawat dan menghilangkan sumbatan pada keratin penyebab munculnya jerawat maupun komedo.

Selain itu, antioksidan pada daun mangga bisa membantu mengurangi minyak di wajah. Dengan mengoleskan masker ekstrak daun mangga, ini menurunkan risiko jerawat.

Daun Pegagan Meningkatkan Retensi Kelembapan

Di dunia kecantikan, daun pegagan atau centella asiatica dapat mengatasi jerawat pada wajah.

Sifat anti peradangan pada daun pegagan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah hiperpigmentasi yang menyebabkan luka bekas jerawat.

Bahkan centella asiatica ini memiliki konsentrasi tinggi flavonoid, steroid triterpenik dan asam amino yang memberikan manfaat sebagai antipenuaan.

Selain itu, bahan alami ini berfungsi untuk meningkatkan retensi kelembapan dan memberikan efek menenangkan pada kulit.

Daun Sereh Mengontrol Minyak Berlebih di Wajah

Selain menambah cita rasa makanan, ternyata daun sereh memiliki sifat antibakteri dan antimikrophobia untuk membantu mengatasi masalah jerawat.

Plus, daun sereh akan membunuh kuman dan mempercepat proses penyembuhan jerawat maupun biang keringat. Ini karena daun sereh mengandung minyak esensial, kandungan tersebut bekerja dengan mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Caranya cukup aplikasikan irisan daun sereh ke bagian yang berjerawat dan diamkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air dingin.

Nah, seperti itulah 5 jenis daun untuk perawatan kecantikan. Apakah Anda akan memakai bahan alami seperti di atas?

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar