Guys, Ini 5 Cara Seimbangkan Kehidupan Kerja dan Pribadi

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 5 Cara Seimbangkan Kehidupan Kerja dan Pribadi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hidup dikota besar menjadi tantangan tersendiri dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak orang yang rela bekerja sampai larut malam lantaran untuk kehidupan yang lebih baik. Bahkan, dari banyaknya aktivitas terkadang membuat sebagian orang harus merelakan momen-momen bahagia bersama teman, kerabat atau keluarga.

Tidak memiliki keseimbangan antara kehidupan sosial dengan komitmen pekerjaan tentu tidak baik juga bagi Anda. Karena, Anda tetap perlu membentuk keharmonisan bersama dengan orang yang Anda sayangi agar bisa menikmati kehidupan ini.

Lantas, bagaimana cara menyeimbangkan kehidupan kerja dan pribadi?. Berikut lima tipsnya:

Pulang Kerja Tepat Waktu
Anda perlu menetapkan batasan kapan harus berhenti bekerja dan pulang ke rumah tepat waktu. Jika pekerjaan tersebut harus diselesaikan secepatnya, sebaiknya mengambil waktu tambahan di kantor sekitar 45 menit. Kemudian kembali berkutat dengan pekerjaan. Namun hanya menyelesaikan poin-poin terpentingnya saja.

Menambah Kegiatan Lainnya
Menambah kegiatan juga merupakan salah satu langkah yang dapat membuat kehidupan menjadi lebih produktif. Disela-sela waktu kosong pada saat akhir pekan, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti kegiatan tambahan seperti kursus bahasa asing atau belajar memasak. Kegiatan tersebut selain untuk mengisi waktu senggang, juga dapat bermanfaat untuk Anda.

Ambil Waktu Pribadi untuk Istirahat
Saat jam istirahat di siang hari, Anda perlu mengambil waktu sekitar 15 hingga 20 menit dan manfaatkanlah waktu tersebut untuk keperluan pribadi Anda. Misalnya menelepon kekasih atau suami, membeli camilan di mini market atau membuat daftar tugas yang harus diselesaikan selama seminggu ke depan sambil bersantai di salah satu kedai kopi.

Selesai Bekerja Tepat Waktu
Ketika pekerjaan menumpuk dan dikejar deadline, Anda memang perlu menyelesaikan secepatnya agar tidak lewat dari batas waktu. Namun, bukan berarti harus terus menerus lembur di kantor. Jangan ragu dan takut untuk meluangkan waktu di minggu depan dengan selesai bekerja tepat pada waktunya. Karena bagaimana pun juga Anda perlu meningkatkan mood kembali agar tidak jenuh bekerja.

Atur Waktu Kerja Saat di Rumah
Apabila diharuskan membawa pulang pekerjaan ke rumah, Anda perlu mengatur batas waktu untuk mengerjakannya. Sebaiknya prioritaskan terlebih dahulu waktu Anda dengan keluarga. Setelah makan malam dan nonton TV bersama keluarga, kemudian luangkan waktu satu hingga dua jam untuk menyelesaikan pekerjaan. (detik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.