Guys, Ini 5 Trik Jitu Bikin Tetap Fokus Saat Anda Sudah Bosan Membaca

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 5 Trik Jitu Bikin Tetap Fokus Saat Anda Sudah Bosan Membaca
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu aktivitas sehari-hari yang tidak boleh terlewatkan oleh setiap orang, yaitu membaca. Pasalnya, banyak ilmu pengetahuan yang bisa diperoleh dengan cara membaca. Tidak hanya ilmu pengetahuan, dengan membaca seseorang juga bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat.

Kendati demikian, ternyata terlalu banyak membaca juga dapat menimbulkan rasa bosan. Bukannya pengetahuan yang Anda dapatkan, tetapi malah gagal . Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi rasa bosan saat membaca. Apa saja?.

Berikut lima cara agar tetap fokus ketika Anda sudah bosan membaca:

Cari Info di Youtube
Kadang-kadang informasi yang dibaca tidak disajikan dengan cara yang baik dengan minat pribadi dan gaya belajar si pembaca. Salah satu cara tepat untuk mengatasinya adalah, mencari referensi lain dengan tema yang sama.

Anda bisa mendapatkan informasi melalui internet atau video di Youtube. Jangan biarkan diri Anda terpaku pada satu buku.

Cari Bacaan yang Berguna
Anda bisa mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri sebelum mulai membaca. Dengan mengajukan pertanyaan, maka Anda bisa mempersiapkan otak Anda untuk memperoleh informasi yang lebih efisien.

Sebenarnya tidak semua informasi yang dibaca dari sebuah buku atau artikel dapat berguna bagi pembacanya. Jadi Anda tidak perlu membaca semua buku untuk mengetahui segalanya.

Periksa Materi Buku
Perhatikan seluruh struktur bacaan Anda. Adakah poin-poin, judul, daftar atau pola berulang lainnya dalam sebuah materi yang perlu dibaca. Dengan mengidentifikasi pola-pola ini, Anda bisa mengkalibrasi otak Anda untuk menyajikan informasi secara lebih efisien.

Gunakan Alat Bantu Baca
Mata secara alami akan sensitive terhadap gerakan. Anda bisa menggunakan jari atau pena untuk memandu mata Anda saat membaca. Hal ini dapat membuat Anda semakin fokus untuk memahami materi tanpa harus melupakan kalimat terakhir yang telah dibaca.

Selain itu, menggunakan alat bantu yang memandu mata juga bisa meningkatkan kecepatan membaca. Menerapkan cara ini akan membantu Anda tetap fokus dan mendapat lebih sedikit gangguan.

Kenali Metode Membaca
Berdasarkan hasil penelitian, 33 persen pembaca rata-rata mengulangi kalimat yang telah dibacanya untuk lebih memahami arti pesan yang dibacanya. Hal tersebut terjadi karena fokus dan pikiran sang pembaca yang kemana-mana.

Anda bisa melakukan sedikit trik dengan menyerap apa makna dari sebuah kalimat yang telah dibaca. Cara ini akan mengurangi durasi Anda dalam membaca, dibandingkan Anda harus kembali mengulang untuk membaca kalimat sebelumnya. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.