Guys, Ini 6 Cara untuk Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan di Kantor

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 6 Cara untuk Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan di Kantor
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang memanglah memiliki karekternya masing-masing. Namun kerap kali kita yang biasa-biasa ini dipertemukan oleh dan membuat kita merasa menjadi serba salah.

Orang-orang seperti itu memang tersebar di penjuru dunia. Kita dapat menemukannya di kantor, sekolah, atau dimanapun.

Baca Juga

Orang dengan tipe yang selalu menyulitkanmu dalam keadaan apapun, tak bisa menghargaimu, dan tak mau untuk menerima pendapat orang lain, Hati-hati saja, jika kamu terpancing mungkin kamu juga dapat bersikap menyebalkan dan menjadi tak asik juga.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi atau menghadapi orang-orang yang seperti itu? Mari kita simak.

Dilansir dari CNBC Make It, berikut ini adalah beberapa taktik nya.

Fokus Mengendalikan Diri

Mungkin Anda berharap bahwa pemimpin tim Anda tiba-tiba menjadi lebih mendukung atau bahwa rekan kerja Anda akan berhenti mengoceh dalam rapat, tetapi Anda tidak bisa mengendalikan apa yang dilakukan orang lain. Dan angan-angan hanya akan menghabiskan waktu dan energi Anda.

Jadi, sementara Anda tidak bisa mengendalikan orang lain, Anda bisa mengendalikan bagaimana Anda merespons mereka. Apakah Anda memutuskan bahwa pendekatan terbaik Anda adalah angkat bicara atau lebih baik Anda tetap diam, gunakan energi Anda untuk mengambil tindakan positif.

Menolak Keinginan Mengeluh

Kita semua memiliki cara kita sendiri melepaskan rasa frustrasi, tetapi melampiaskannya hanya membuat Anda fokus pada masalah dan mencegah Anda menciptakan solusi.

Berhati-hatilah untuk mengeluh kepada atasan Anda. Menggerutu tidak hanya menyiratkan bahwa Anda tidak memiliki kekuatan atas situasi Anda, tetapi juga menunjukkan Anda tidak memiliki kekuatan atas sikap Anda. Jadi, alih-alih mengeluh tentang situasi Anda yang tidak adil, tawarkan solusi untuk masalah tersebut.

Terima Tanggung Jawab Atas Apa yang Anda Rasakan

Mengatakan bahwa rekan kerja Anda membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri atau mengklaim bahwa bos Anda membuat Anda marah berarti orang lain memiliki kekuasaan atas perasaan Anda.

Tidak peduli seberapa sulit rekan kerja Anda, jangan biarkan perilaku mereka mendikte emosi Anda. Terimalah bahwa terserah Anda untuk mengelola emosi Anda, terlepas dari bagaimana orang lain berperilaku.

Tidak Membuang Waktu untuk Pemikiran yang Tidak Produktif

Pernahkah Anda pulang dari kerja dan menghabiskan sepanjang malam untuk mengulangi percakapan yang Anda lakukan dengan rekan kerja Anda? Atau menghabiskan setengah hari Minggu karena khawatir harus menghadapinya lagi pada hari Senin? Jika demikian, Anda mengizinkan rekan kerja yang sulit untuk menyerbu waktu pribadi Anda.

Jika Anda mendapati diri Anda melakukan hal ini, segera lakukan tindakan. Misalnya bersihkan rumah, hubungi teman untuk membicarakan sesuatu yang berbeda atau berjalan-jalan. Lakukan hal lain yang akan mengubah saluran di otak Anda.

Membangun Batasan Sehat

Sangat penting untuk menetapkan batasan sehat yang membuat harapan Anda jelas. Jika Anda terputus dalam rapat, katakan, “Saya sedang berbicara dan Anda terputus. Saya akan menyelesaikan apa yang saya katakan.”

Atau, jika rekan kerja terus-menerus mendatangi Anda dengan gosip, katakan, “Ini kedengarannya seperti gosip dan saya tidak ingin mendengarnya.” Orang-orang yang tidak terbiasa dengan batasan-batasan yang ditetapkan dengannya cenderung kesal. Tetapi menetapkan batasan yang tegas akan menyelamatkan Anda dari stress di kemudian hari.

Mempraktikkan Keterampilan Koping yang Sehat

Bahkan ketika Anda membangun batasan sehat dengan rekan kerja yang sulit, mereka masih bisa menguras kekuatan mental Anda. Latih keterampilan koping yang sehat yang akan membantu Anda tetap kuat.

Bereksperimenlah dengan berbagai keterampilan koping, seperti rasa terima kasih dan meditasi, untuk menemukan apa yang paling cocok untuk Anda. Jaga kesehatan Anda juga. Tidak mungkin untuk tetap kuat secara mental ketika Anda menyalahgunakan tubuh Anda dengan alkohol, kurang tidur atau junk food.

Itulah 6 cara untuk menghadapi orang yang selalu menyebalkan dan membuat kita serba salah. Diam itu bukan berati kalah, namun lebih mengajak kita untuk berpikir lebih sehat darinpada orang itu. Be your self guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.