Guys, Ini 7 Fakta Bengkel Ketok Magic Mobil

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 7 Fakta Bengkel Ketok Magic Mobil
Ilustrasi (GEOCITIES.ws)

PortalMadura.Com biasanya banyak terdapat di pinggi-pinggir jalan. Hal ini untuk mempermudah pemilik kendaraan ketika akan memperbaiki body mobilnya yang penyok.

Selain proses pengerjaannya yang relatif cepat, menggunakan jasa bengkel ketok magic juga biayanya yang murah. Karena sebagian besar pelanggannya yaitu menengah ke bawah.

Namun, Anda pasti penasaran dengan cara kerja bengkel ketok magic. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari Daihatsu, berikut beberapa fakta unik bengkel ketok magic yang perlu Anda tahu.

Tidak Gaib

Mendengar kata magic pasti yang terlintas adalah ilmu mistis yang tak dapat dijelaskan dengan akal sehat. Padahal sebenarnya ketok magic sama sekali tidak pakai kekuatan dunia gaib.

Nama ketok magic ini ada sejarahnya ternyata. Ketok magic murni menggunakan kekuatan tangan manusia. Konon ceritanya ini dilakukan dengan kenteng teter yang artinya mengetokkan teter (alat yang terbuat dari lempengan besi) ke bagian mobil yang penyok.

Ketika proses pengetokan tersebut, si pemilik mobil merasa takjub melihat mobilnya yang rusak kembali seperti semula seperti disulap.

Alat Utama Ketok Magic

Perbaikan body menggunakan teknik yang sederhana sebenarnya. Meski begitu, ia dapat diaplikasikan pada berbagai jenis mobil. Peralatannya berupa lempengan-lempengan besi yang dibuat secara khusus.

Lempengan-lempengan besi tersebut dibagi menjadi 2 jenis, yaitu teter dan lamak. Teter biasanya digunakan untuk menahan palu dari bagian depan, sedangkan lamak untuk menahan ketukan palu dari bagian dalam.

Proses Tertutup

Biasanya pemilik mobil tidak menunggu proses perbaikan ketok magic. Beberapa bengkel tidak membolehkan pemilik untuk memperhatikan proses pengerjaannya sehingga banyak yang bilang proses tertutup ini mungkin dibantu hal gaib.

Padahal itu tidak benar. Alasan pemilik mobil tidak melihat dan menunggu perbaikan ini karena prosesnya mengganggu karena terdengar bunyi pengetokan yang begitu keras. Pastinya proses perbaikan dilakukan secara normal. Mulai dari pengecekan kerusakan, analisis seberapa parah kerusakan mobil tersebut, perbaikan dengan teter dan lamak, lalu proses pengecatan kembali.

Inovasi

Meskipun proses perbaikan bodinya menggunakan alat dan teknik sederhana, proses lain tetap menggunakan alat dan teknik terkini. Sebagai contoh dalam pengecetan ulang body yang rusak beberapa bengkel sudah menggunakan alat yang mumpuni untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan.

Biaya Jasa Murah

Salah satu daya tarik ketok magic yaitu biaya jasa yang sangat murah. Jika dibandingkan dengan bengkel besar dengan peralatan canggih dan mekanik bersertifikasi biaya jasa ketok magic patut menjadi pertimbangan.

Penggunaan alat-alat yang masih sederhana mungkin menjadi penentu harga yang ditentukan oleh pemilik bengkel ketok magic. Akan tetapi, mereka memang menetapkan harga yang murah karena biasanya yang datang ke mereka adalah dari kelas ekonomi menengah ke bawah.

Cepat

Di bengkel biasanya akan memakan waktu berhari-hari untuk memperbaiki penyok, untuk ketok magic bisa hanya hitungan jam. Pengerjaan yang cepat itu karena beberapa pekerja akan saling membantu. Bahkan, ketika suatu bengkel ketok magic ramai pelanggan dan pekerja terasa kurang, pemilik bengkel bisa meminta bantuan dari bengkel lain.

Area Sempit

Kekurangan dari bengkel ketok magic yaitu areanya yang kecil. Karena luas bengkel yang tidak seberapa, pengerjaan menjadi tersendat ketika banyak pelanggan yang datang secara bersamaan.

Bengkel juga cenderung berantakan dan kotor seperti bengkel-bengkel kecil. Berbeda dengan bengkel besar yang memang memiliki banyak tenaga untuk mengurus berbagai hal soal layanan dan kenyamanan konsumen.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.