oleh

Guys, Ini 8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan

PortalMadura.Com – Belimbing wuluh yaitu salah satu buah mungil yang berwarna hujau yang memiliki rasa yang masam atau juga dikenal dengan nama Averrhoa bilimbi L. Di Indonesia, buah ini biasanya digunakan pada masakan untuk memberikan rasa asam.

Namun ternyata, selain mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, belimbing wuluh juga mempunyai beberapa khasiat untuk kecantikan.

Selamat Ibadah Puasa

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman merdeka.com, berikut beberapa khasiat belimbing wuluh untuk kecantikan.

Meringankan Jerawat

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Seminar Nasional Konservasi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam 2015 membuktikan bahwa belimbing wuluh mengandung saponin, suatu senyawa yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

Belimbing wuluh juga memiliki kandungan asam oksalat yang bisa membantu mengurangi jerawat. Jika Anda ingin memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengurangi jerawat, cukup haluskan buah belimbing matang yang masih segar dengan peralatan higienis. Terapkan pada wajah yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit saja. Setelah itu, bilas.

Cara membuat masker dari belimbing wuluh yaitu dengan menghaluskan buahnya. Setelah itu aplikasikan pada wajah seperti menggunakan masker pada umumnya. Kemudian diamkan beberapa menit hingga masker mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

Menjadikan Kulit Awet Muda

Belimbing wuluh cukup kaya kandungan vitamin C. Vitamin ini penting untuk pembentukan kolagen dari dalam tubuh. Kolagen sendiri penting untuk menjaga elastisitas kulit. Aplikasi topikal maupun konsumsi belimbing wuluh sama-sama bermanfaat untuk menjaga kulit agar awet muda.

Menyehatkan Kulit

Khasiat belimbing wuluh untuk wajah dan tubuh adalah menjaga kesehatan kulit. Semua itu karena kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C di dalamnya. Belimbing wuluh juga mengandung antioksidan yang memiliki segudang manfaat untuk kulit khususnya.

Menjadikan Kulit Cerah

Mencerahkan kulit gelap dengan belimbing wuluh? Bisa dilakukan, kok. Anda juga bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk meratakan warna kulit yang belang atau memudarkan flek pada wajah. Semua itu berkat kandungan vitamin C pada belimbing wuluh.

Gunakan belimbing wuluh lumat sebagai masker atau scrub. Terapkan pada kulit wajah atau tubuh, lalu gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Membersihkan dan Meringkas Pori-Pori

Saponin pada belimbing wuluh bisa membantu membersihkan hingga ke tingkat pori-pori. Selain itu, belimbing wuluh juga bisa membantu meringkas pori-pori.

Baca Juga: 6 Cara Putihkan Kulit Secara Alami dan Cepat

Mendinginkan Kulit

Belimbing wuluh juga memiliki sifat mendinginkan atau astringent. Jadi bisa dimanfaatkan sebagai toner penyejuk kulit.

Mengurangi Rasa Gatal Karena Gigitan Serangga

Sifat menenangkan pada belimbing wuluh juga bisa dimanfatkan untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga. Gosokkan saja daun belimbing wuluh yang sudah diremas-remas pada area kulit yang membutuhkan.

Membantu Diet

Kandungan vitamin C yang dimiliki belimbing wuluh berfungsi membantu peningkatan metabolisme.

Cara Menggunakan Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan

Masker Belimbing Wuluh

masker belimbing wuluh
masker belimbing wuluh

Cara paling simpel menggunakan belimbing wuluh buat memutihkan kulit yakni dengan mengolahnya menjadi masker. Tips kulit putih dengan memanfaatkan belimbing wuluh tidaklah sulit.

Cukup lumatkan beberapa biji belimbing wuluh dengan air hangat. Pastikan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental. Masker belimbing wuluh telah siap diaplikasikan. Mengenakan masker ini pada malam hari akan memberikan hasil kulit lebih putih dan bersih pada keesokan harinya ketika bangun tidur.

Lulur Belimbing Wuluh

 

Tidak cuma buat memutihkan kulit wajah, buah berwarna hijau ini nyatanya juga bisa dipercaya buat memutihkan kulit tubuh. Cara membuat lulur dari belimbing wuluh sama dengan cara membuat masker. Hanya saja, jumlah larutan belimbing wuluh dan air bisa lebih diperbanyak.

Gunakan lulur ini ke seluruh tubuh sambil pijat perlahan. Pemakaian secara rutin akan mencerahkan kulit lebih terjamin dibandingkan produk perawatan siap pakai yang tersedia di pasaran.

Itulah berbagai khasiat dan manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Merdeka.Com

Komentar