oleh

Guys, Kenali Gejala Awal Kanker Darah yang Mengancam Nyawa

PortalMadura.Com – Limfoma menjadi salah satu penyakit yang mendapat perhatian rendah dari masyarakat, dibandingkan penyakit kanker lain. Padahal kanker limfoma yang dikenal sebagai kanker darah atau kanker getah bening ini jumlahnya meningkat setiap tahun.

Limfoma adalah kanker yang muncul dalam sistem limfatik yang menghubungkan kelenjar limfe atau kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Sistem limfatik termasuk bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Ronald. A. Hukom menjelaskan, bahwa faktor risikonya beragam. “Ada yang disebabkan karena faktor genetik, juga gaya hidup seperti merokok, bahan kimia, radiasi, dan lainnya,”

Gejala limfoma bahkan tidak khas atau samar. Namun jika ditelusuri, gejala yang umum berupa pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, dan lipatan paha, sesak napas dan batuk, sakit kepala, pembengkakan amandel, dan lainnya.

Dari penjelasan tersebut, ada yang perlu Anda ketahui yaitu beberapa jenis kanker darah. Pertama Limfoma Hodgkin (LH), kedua Non-Hodgkin (NHL). Dari dua jenis itu, sekitar 90 persen orang menderita NHL dan sisanya Limfoma Hodgkin.

Limfoma Hodgkin
Limfoma Hodgkin merupakan jenis yang paling bisa disembuhkan. Biasanya LH menyerang getah bening yang terletak di leher dan kepala. Umumnya pasien didiagnosis pada usia 15 sampai 33 tahun.

Limfoma Non-Ds
Jenis kanker ini pertumbuhan selnya beragam ada yang lambat (indolent/low grade) dan cepat (aggresive/high-grade). Limfoma jenis ini sering terjadi pada usia khususnya pada orang berusia lanjut atau di atas 60 tahun.

Selain itu Ladies, limfoma juga menjadi kanker yang paling banyak diderita oleh anak-anak. Faktor risiko atau penyebab pasti limfoma pada anak belum diketahui pasti. Oleh karena itu, orang tua wajib waspada ketika muncul gejala, dan wajib ditangani dengan cepat.(Vemale.Com/Nurul)


Komentar