oleh

Hama Serang Tanaman Padi di Galis Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Sedikitnya tiga (3) hektare lahan padi diwilayah Galis, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur dilakukan penyemprotan setiap pagi dan sore.

“Penyemprotan kita lakukan demi menyelamatkan tanaman padi milik petani dan sebagai antisipasi meluasnya serangan hama yang menyerang tanaman padi,” terang Babinsa Koramil 10 Galis, Kodim 0829 Bangkalan, Sertu Fauzi, Sabtu (9/1/2016).

Ia yang membantu petani dalam proses penyemprotan bersama Serda Rudiyanto, salah satunya milik Naim (50) warga Desa Tellok, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan.

“Penyemprotan harus dilakukan pada pukul 06.00–09.00 Wib. Sedangkan untuk sore penyemprotan dilakukan pukul 15.00–18.00 Wib. Apabila jadwal penyemprotan tidak dilakukan pada waktu ini, maka hanya merusak tanaman padi saja,” katanya.

iklan hari santri

Selain membantu melakukan penyemprotan, pihaknya juga menggelar pendampingan sosialisasi penanganan hama wereng, kresek, dan blast.

Lebih lanjut Fauzi menjelaskan, lahan pertanian di sekitar Kecamatan Galis banyak mengandung asam atau keasaman tinggi. Akibatnya tanaman padi keracunan.

“Kadar asam lahan pertanian sangat tinggi, akibat daun padi gosong. Jadi untuk mencegah ini patani harus menggunakan kapur pertanian di setiap lahan tanaman padi,” imbaunya.

Menurutnya, Koramil hingga Babinsa Kodim 0829/Bangkalan bersma pihak Dinas Pertanian dan instansi terkiat siap membantu petani dan akan turun ke lapangan jika ada keluhan-keluhan masyarakat soal pembasmian hama.

“Apabila ada keluhan petani bisa juga langsung menghubungi kami dan juga badan penyuluhan kecamatan (BPK) untuk membasmi hama tanaman padi. Setiap hari kita selalu ada dan akan turun ke lapangan jika diperlukan,” pungkasnya.(rls/har)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.