oleh

Hanya 60 Detik, Teknik Cuci Muka Ini Bikin Bersih Maksimal

PortalMadura.Com – Mencuci muka menjadi rutinitas yang wajib dilakukan setiap hari. Teknik ini bagian dari langkah dasar dalam merawat kecantikan kulit wajah. Ketika membersihkannya, setiap orang memiliki jangka waktu tersendiri.

Ada sebagian orang yang hanya melakukan cuci muka sebentar saja, asalkan wajah terbasahi dengan air. Sedangkan sebagian lainnya memilih berlama-lama mencuci muka agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Selamat Ibadah Puasa

Dari perbedaan tersebut, lantas berapa lama waktu yang tepat saat cuci muka?.

Sebenarnya, cuci muka itu tidak perlu lama-lama. Cukup 60 detik saja. Dalam jangka waktu itu, ternyata wajah bisa bersih bahkan hasilnya sangat menakjubkan. Tidak perlu khawatir akan khasiatnya, karena beberapa orang sudah membuktikannya.

Baru-baru ini ramai di media sosial tentang teknik “60 detik” atau biasa disebut “ 60-second rule”. Maksudnya, metode ini melakukan cuci muka selama 60 detik untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih baik.

Dilansir Okezone.com, yang dikuitp dari Cosmopolitan, metode cleansing yang satu ini disebutkan datang dari seorang ahli estetika dari LABeautyologist, Nayamka Roberts-Smith.

Di akun Twitter pribadinya, Nayamka kerap memberitahukan kepada 43 ribu pengikutnya untuk mencuci muka dengan mengaplikasikan metode “60 detik” ini.

Secepat itukah waktu mencuci muka?. Jangan khawatir dulu, metode ini dipercaya ampuh dalam membersihkan kotoran yang ada di wajah Anda. Tujuannya agar bahan-bahan yang ada di dalam sabun cuci muka (cleanser) benar-benar penetrasi dengan baik ke dalam kulit.

“Pulasan makeup, debu kotoran, dan minyak itu jauh lebih sulit dihilangkan dari kulit, dari yang kebanyakan orang sadari. Dengan metode “60 detik” ini, kita tidak hanya memberikan pencuci wajah (cleanser) untuk meresap sempurna, namun 60 detik ini juga membuat kita menaruh perhatian kepada kulit wajah diri sendiri dan apa yang kita lakukan. Contohnya, jadi ingat untuk membersihkan area di sekitar hidung, bawah dagu, hingga area di sekitar garis rambut (hairline),” jelas Nayamka.

Metode cuci muka singkat ini tidak hanya diketahui oleh beberapa orang saja, tapi sudah cukup seliweran di media sosial. Misalnya di Reddit, salah satu netizen pengguna Reddit mengungkapkan, bahwa metode mencuci wajah selama 60 detik ini benar-benar mengubah kondisi kulit wajahnya jadi lebih baik.

“Aku telah mencoba metode ini selama satu bulan, dan aku menyadari peningkatan. Tidak ada lagi beruntusan di bagian kening, tekstur kulit wajah jadi lebih halus, berkurangnya jerawat secara signifikan, hingga kulit wajah yang jadi bercahaya,” bunyi ulasan sang netizen.

Lalu, apakah sudah dijamin jika metode mencuci wajah selama satu menit satu ini akan berhasil saat diaplikasikan oleh semua orang dengan tipe kulit yang berbeda-beda?.

Disebutkan oleh dermatologist, dan profesor klinis asosiasi di Universitas Yale, Mona Gohara, M.D., pada akhirnya hasil akhir bisa berbeda-beda pada setiap orang. Alias bisa berhasil namun bisa juga tidak.

Karena pada hakikatnya setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Dengan begitu, cara penanganannya pun akan tidak sama pula.

“Kemungkinan berhasil, dan kemungkinan juga tidak berhasil. Pertama Anda butuh ekspektasi yang realistis dulu. Memang dapat membuat kulit wajah lebih lembut dan berkilau, selama menggunakan cleanser yang tepat karena ini adalah sirkulasi yang menstimulasi,” jelas Mona.

Namun apakah metode mencuci wajah tepat selama 60 detik ini bisa mengatasi masalah jerawat?. Jawabannya, ternyata Anda tidak bisa berharap banyak.

Baca Juga : Ladies, Ini Waktu yang Baik untuk Cuci Muka

“Kalau dari sisi benar-benar mengatasi jerawat?. Tidak terlalu sih, karena sejatinya kita tidak bisa mengusir faktor-faktor pemicu seperti hormon, DNA, atau faktor pemicu lainnya,” imbuhnya.

Tapi jika tujuannya hanya demi membersihkan kulit wajah agar bersih sempurna, tidak tertinggal residu produk makeup. Disebutkan Mona, maka metode teknik “60 Secondrule ini akan membawa keuntungan.

“Sisa pulasan produk makeup bisa mendorong kulit wajah jadi kering, iritasi, hingga jerawat. Mengingat hal ini bisa mengganggu pelindung kulit dari waktu ke waktu,” pungkas Mona.

Namun, tidak ada salahnya mencoba meluangkan waktu ekstra 60 detik untuk membersihkan celah-celah kulit wajah lebih teliti hingga hasil akhirnya jadi lebih bersih bukan?. Tidak ada ruginya juga. Jadi, selamat mencoba metode tersebut.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : okezone.com

Komentar