oleh

Hanya di Jawa Timur, Ini 8 Air Terjun dengan Sihir Dahsyatnya

PortalMadura.Com – Wilayah Jawa Timur yang daerahnya bergunung-gunung menjadi surga air terjun dengan berbagai karakteristik yang menawan. Tidak heran, air terjun di wilayah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Namun, dari banyaknya tempat wisata air terjun di Jawa Timur itu ternyata ada delapan lokasi yang diyakini angker oleh masyarakat sekitar dan terkenal dengan sihir dahsyatnya.

Penasaran air terjun apa saja dan berada di daerah mana?. Berikut ini penjelasannya:

Air Terjun Madakaripura
Ketinggannya yang mencapai 170m dan karakteristik bentuknya yang unik menjadikan Air Terjun Madakaripura didadulat sebagai air terjun terindah dan tertinggi di provinsi Jawa Timur. Air terjun yang masih berada di kawasan Gunung Bromo Tengger Semeru ini diyakini oleh penduduk setempat sebagai tempat bertapanya Patih Gajah Mada. Wow !!!

Air Terjun Gunung Ijen Bondowoso
Ada 3 air terjun cantik yang akan menyambut Anda saat mengunjungi Gunung Ijen Bondowoso, yaitu: Air terjun Kali Pait (Bitter Kali), Air terjun Niagara Mini, dan Air Blawan. Letak dari 3 air terjun ini ada di Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Pemandangannya yang begitu indah menjadikan 3 air terjun ini begitu diminati bagi siapapun yang akan mengunjungi Gunung Ijen Bondowoso.

Air Terjun Nglirip
Air Terjun yang sarat akan mitos-mitos ini terletak di kawasan Tuban, Jawa Timur. Mitos yang paling terkenal di sini yaitu tentang kemudahan mendapat jodoh bagi siapapun saja yang mandi di air terjun tersebut. Mitos lainnya yaitu, nama ”Nglirip” diambil dari nama seoarang puteri yang diyakini arwahnya masih mendiami gua yang berada di sekitar air terjun. Airnya yang jernih dan pesonanya yang begitu cantik menjadikan wisata air terjun ini begitu populer di Tuban.

Air Terjun Grojogan Sewu, Pacitan
Air Terjun Grojogan Sewu ini berlokasi di Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Air terjun yang satu ini namanya memang mirip dengan air terjun yang ada Karanganyar Solo, tapi untuk pemandangannya tentunya tidak kalah indah dengan yang air terjun yang ada Karanganyar, Solo. Meski tingginya hanya 6 meter, konon air terjun ini tidak akan pernah kering meskipun saat musim kemarau. Percaya deh, berkunjung kesini akan membuat Anda bahagia lahir batin.

Air Terjun Tancak
Bagi Anda yang gemar berpetualang, cobalah untuk datang ke air terjun yang satu ini. Berlokasi kurang lebih 15 km dari kota Jember, tepatnya di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Untuk sampai ke lokasi, Anda akan dibawa tracking terlebih dahulu menyusuri perkebunan warga dan hutan sejauh 2 km. Meski demikian, rasa lelah akan terbayarkan selepas sampai sampai air terjun dengan pesonanya yang mengagumkan.

Air Terjun Coban Sewu / Tumpak Sewu
Air terjun Coban Sewu? Mungkin sedikit asing, arena biasa disebut Air Terjun Tumpak Sewu. Sebuah destinasi wisata baru yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Air terjun yang membentang lebar dan tinggi ini masih sangat alami.

Tempat ini disebut sebagai Coban Sewu karena dari segi bahasa coban berarti air terjun dan sewu berarti seribu, mengapa seribu karena air terjun ini aliran air dari atas sangatlah banyak sepanjang tebing. Untuk menuju ke dasar air terjun, kamu akan di suguhi dengan jalan yang sangat ekstrim, mulai dari tebing hinga batu-batu, jadi Anda perlu berhati-hati.

Air Terjun Goa Tetes
Air Terjun yang berlokasi di dukuh Krajan Drops, Desa Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur, ini konon bisa bikin awet muda dan enteng jodoh bagi siapapun yang mandi di bawah air terjun ini. Pemandangannya yang begitu eksotis menjadikan Air Terjun Goa Tetes salah satu air terjun terindah di Lumajang. Berkunjung kesini akan membuat Kawan Muda sadar, bahwa Lumajang memang aduhai.

Air Terjun Putuk Truno
Air Terjun yang memiliki tinggi 45m ini berlokasi di daerah Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Selain jernih airnya, Air Terjun yang sarat akan lagenda ini konon tidak pernah bisa kering meski Jawa Timur sedang diserang musim kemarau. Selain Air terjun Puthuk Turno, ada juga Air Terjun Kakek Bodo. Air Terjun dengan ketinggian 40 meter ini berlokasi di daerah Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Air terjun yang sarat akan mitos ini sudah dipenuhi berbagai macam fasilitas, tidak heran jika lokasi ini serlalu ramai saat akhir pekan. (kitamuda.id/Desy)


Komentar