oleh

Hardiknas, Jurnalis Radio Karimata Raih Juara II Lomba Foto Nasional

PortalMadura.com, Pamekasan – Memperingatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2014, Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyelenggarakan Lomba Penilaian Foto Pendidikan dan Kebudayaan dengan tema “Mendidik Sejak Dini, Sekolah Setinggi Mungkin, Menjangkau Lebih Luas”.

Dan dari sekian banyak peserta yang masuk ke panitia di Kemendikbud, salah satu juaranya ada di Kabupaten Pamekasan, yaitu jurnalis Radio Swara Karimata FM, Hendra Haminollah.

Berdasarkan hasil penilaian panitia, Foto Hendra yang diperlombakan dengan berjudul ”Murid RA Belajar Public Speaking Di Radio”, telah terpilih sebagai salah satu pemenangnya.

Menurut Hendra, lomba itu dimulai sejak awal Maret hingga akhir April 2014 dan hasilnya baru diumumkan pada 21 Mei 2014, bersamaan dengan Lomba Penulisan Artikel dan Feature Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, dengan tema yang sama yaitu: “Mendidik Sejak Dini, Sekolah Setinggi Mungkin, Menjangkau Lebih Luas”.

“Lombanya itu ada ada 3 katagori yaitu pelajar/Mahasiswa/ katagori umum dan katagori wartawan dan masing-masing katagori di ambil 3 karya terbaik, dan Alhamdulillah saya masuk juara II,” katanya, Jumat (23/5/2014).

Warrtawan senior di Pamekasan itu menjelaskan, motivasinya karena selain hoby dan kini aktif bergabung ke komunitas Madura Photo Club (MPC), ia juga ingin membuktikan bahwa karya foto itu bisa dihasilkan oleh siapa saja yang suka dengan foto, bahkan hanya dengan kamera handphone seadanya.

“Asalkan ada kemauan saja dan kerja keras, soal perangkat dan sejenisnya itu belakangan,” jelasnya.

Ia mengaku, sempat di cibir atau tepatnya digoda karena sering menggunakan kamera meski hanya sekedar mengisi foto untuk website lokal dan radio di tempat kerjanya.

“Mau dimuat di halaman depan radio ya, kok pakek foto segala”, tapi dijawab dengan senyum saja. Karena mereka tidak tahu dan tak penting menjelaskan tugas dan karya kita kepada orang lain, karena foto bukan disampaikan dengan mulut tapi dengan gambar.

Dan ternyata tidak sekali ini saja foto-foto hasil bidikan Hendra yang mendapat apresiasi, tapi sudah ada beberapa karyanya yang mendapat penghargaan baik tingkat regional maupun nasional.

“Selasa 27 Mei saya akan bertolak ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari sekjen dan Kepala Pusat informasi dan Humas kementrian pendidikan dan kebudayaan di salah satu hotel di Jakarta,” pungkasnya. (reiza)


Tirto.ID
Loading...

Komentar