oleh

Harga BBM di Kepulauan Sumenep Ditetapkan Tidak Sama

SUMENEP (PortalMadura) – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di sejumlah pulau di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ditetapkan lebih mahal dibanding daratan. Penetapan harga tersebut berdasarkan hasil pertemuan ditingkat kecamatan masing-masing kepulauan antara pihak pemerintah setempat dengan pemilik APMS (Agen Premium Minyak dan Solar)

Diakui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setkab Sumenep, M. Syahrial, harga BBM dipulau tertentu tidak mungkin sama dengan daerah lainnya. Pertimbangannya, jarak tempuh yang berbeda dan berdampak pada tambahan biaya transportasi laut.

“Konsumen tidak mungkin langsung membeli pada APMS, karena harus menyebrang pulau-pulau kecil. Maka, tentu dilayani sub agen. Antara Pulau Karamian Masalembu, atau di Pulau Sakala, Sapeken tentu tidak akan sama. Karena memang jarak tempuh berbeda. Ini yang menyebabkan tidak samanya harga BBM,” urainya.

Hasil kesepakatan dalam penetuan Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni, harga BBM jenis solar di Pulau Karamian maksimal Rp 8 ribu, dan premium Rp 9 ribu. Sedangkan di Kecamatan Sapeken harga BBM jenis solar maksimal Rp 6 ribu, dan premium Rp 7 ribu. Untuk Pulau Sakala, harga BBM jenis solar maksimal Rp 9 ribu, dan Premium Rp 10 ribu per liter.

“Kesepakatan itu ditetapkan ditingkat kecamatan masing-masing. Karena mereka yang tahu kondisi geografis setempat,” katanya.

Sementara, Kepala Bagian Perekonomian Setkab Sumenep, Moh. Hanafi menjelaskan, sempat terjadi kecelakaan pada tangker pemasok BBM milik Pertamina ke pulau. Sehingga, BBM yang dipasok saat ini merupakan jatah bulan Februari. “Tapi, tidak sampai terjadi kekosongan BBM di pulau,” tegas Hanafi menanggapi kelangkaan BBM yang dialami masyarakat Pulau Masalembu dan harga BBM jenis premium sempat dipatok Rp 15 ribu per liter.(htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE