oleh

Harga Bibit Tembakau di Petani Hanya Rp10 Ribu Perseribu Batang

PortalMadura.Com, Sumenep – Harga bibit tembakau di Desa/Kecamatan Pasongsong, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ditingkat penangkar hanya Rp10 ribu perseribu batang.

Harga tersebut lebih rendah dibanding tingkat pedagang yang mencapai Rp15-20 ribu perseribu batang.

“Kalau ditingkat penangkar harga bibit tembakau yang siap tanam itu hanya Rp10 ribu perseribu batang,” kata salah satu penangkar (petani) bibit tembakau asal Dusun Morassen, Desa/Kecamatan Pasongsongan, Maryam, Kamis (18/6/2015).

Menurutnya, tidak hanya petani tembakau yang datang langsung ke lahan pembibitan tembakau, tapi sebagian besar para pedagang yang mencari keuntungan.

“Pembeli ada yang petani langsung ada juga pedagang, tapi kami tetap melayani mereka,” ujarnya.

Ia mengaku, pihaknya berhasil menjual bibit tembakau maksimal 10 ribu setiap harinya, karena di Kecamatan Pasongsongan mayoritas warga menjadi penangkar bibit tembakau.

“Disini kan rata-rata warga menjadi penangkar bibit tembakau,” tukasnya.

Proyeksi areal lahan tembakau di daerah kabupaten Sumenep pada musim tanam 2015 ini mencapai 21. 893 hektar dengan target produksi 13.136 ton. Proyeksi areal tembakau itu naik 800 hektar dibanding proyeksi 2014 yang ditetapkan 21.093 hektar dengan target produksi 12. 656 ton. (arifin/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.