Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp.122 ribu per Kg

Avatar of PortalMadura.com
Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp.122 ribu per Kg
Cabai rawit (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, merah di pasar tradisional Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengalami lonjakan hingga Rp. 122 ribu per kilogram selama Maret 2021.

Dua bulan sebelumnya, yakni Januari hanya Rp. 70 ribu per Kg dan Februari dipatok Rp. 78 ribu per Kg.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep, Ardi menyebutkan, kenaikan harga cabai tersebut akibat cuaca dan pola tanam para petani sehingga memengaruhi stok cabai di pasaran.

Pada peta grafik tahunan harga cabai rawit merah di Sumenep terjadi fluktuasi harga. Pada tahun 2020, di bulan Januari Rp. 63 ribu per Kg, Februari Rp 50 ribu, Maret Rp. 38 ribu, April Rp. 35 ribu dan bulan Mei turun menjadi Rp. 15 ribu per Kg.

Sedangkan di bulan Juni 2020 hanya Rp. 11 ribu, Juli naik sedikit capai Rp. 17 ribu, Agustus Rp. 12 ribu, September dan Oktober bertahan Rp. 11 ribu, November kembali mengalami kenaikan menjadi Rp. 24 ribu dan Desember kembali naik menjadi Rp. 43 ribu per kilogram.

Menurut dia, kenaikan harga cabai rawit di tahun 2021, bukan hanya terjadi di Sumenep. Sejumlah daerah di Jawa Timur mengalami hal serupa. “Justru kondisi ini tidak sama dengan prediksi grafik tahunan soal harga cabai,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.