Hari Pertama Berdinas, Bupati Fauzi Kembalikan Nuansa Keraton Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Hari Pertama Berdinas, Bupati Fauzi Kembalikan Nuansa Keraton Sumenep
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi pada hari pertama berdinas (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Hari pertama berdinas sebagai , Achmad Fauzi alias Fauzi menuju rumah dinas dengan melewati pintu bagian selatan yang disebut “Labang Mesem”.

“Kita inginkan, Keraton Sumenep ini benar-benar dijaga kelestarianya,” kata Fauzi, Senin (1/3/2021).

Sebelum melewati Labeng Mesem, Fauzi nampak berdoa terlebih dahulu dan disambut dua orang penjaga Labeng Mesem dengan mengenakan pakaian adat ala keraton.

Fauzi menyampaikan, keberadaan Keraton Sumenep sudah memiliki usia tua yang diakui sebagai cagar budaya, maka keberadaan harus dijaga dan mengembalikan pada fungsinya.

Tamu yang hendak berkunjung ke Keraton Sumenep, kata dia, harus melalui pintu selatan (Labang Mesem) dan dilatang merokok. “Bagi yang merokok, kami sudah berikan ruang khusus bagian barat keraton,” terangnya.

Mengembalikan aura keraton pada kejayaan para raja tempo dulu, adalah upaya menjaga marwah dari Keraton Sumenep. “Sehingga pengunjung dapat merasakan kesan baik terhadap Keraton Sumenep,” ujarnya.

“Siapapun yang berkunjung ke karaton, wajib mengenakan pakaian sopan dan rapi. Jika ada wisatawan yang memakai celana pendek, kami upayakan dinas terkait menyediakan kain,” tandasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.